#KodeNusantara#NusaKulinerBlog

Lo’i Bore: Perawatan Ala Wanita Bima

Perkembangan modernisasi saat ini membuat banyaknya kemunculan berbagai macam produk-produk kecantikan yang menawarkan berbagai keunggulan untuk mempercantik diri. Banyak wanita berlomba untuk membeli produk kecantikan yang agar dapar menambah kepercayaan diri dan menjaga kulit dari paparan sinar matahari.

Wanita di desa Maria Kecamatan Wawo, Kabupaten Bima Provinsi Nusa Tenggara Barat memiliki cara sendiri untuk merawat dan menjaga kulit mereka dari paparan sinar matahari. Perawatan kecantikan wajah yang dilakukan oleh Wanita Bima tersebut merupakan perawatan cara tradisional, para Wanita Bima menyebutnya dengan Lo’i Bore.

Lo’i Bore merupakan ramuan yang dibuat dari bahan alami yang memiliki khasiat untuk melindungi kulit wajah dari paparan sinar matahari. Lo’i Bore terbuat dari campuran beras, temulawak, dan temu ireng yang dihaluskan secara bersamaan. Masker wajah ini biasanya digunakan oleh para Ibu sebelum mereka pergi ke ladang untuk melindungi kulit dari sinar matahari.

Lo’i Bore memiliki berbagai macam, seperti, Bore Kuning, Bore Hijau, Bore Timur, Bore Hitam, dan Bore Merah. Setiap Bore memiliki khasiat berbeda dan bahan pembutan yang berbeda, tetapi bahan yang dipakai tetap menggunakan bahan alami. Bagi Wanita Bima membuat bore tidaklah sulit karna bahan-bahannya mudah didapatkan.

Jika kita ingin melakukan perawatan kecantikan, alangkah baik menggunakan bahan alami. Apalagi kita tinggal di Indonesia yang memiliki berbagai macam tanaman herbal yang dapat digunakan untuk melakukan perawatan kecantikan.


Sumber:

kompasiana

budayakampung

greget

Info Lanjut:

PDBI – Air Daun Sirsak

Previous post

Kembang Kantil Batik Simbol Kasih Sayang Abadi

Next post

Rumah Gadang, Cerminan Arsitektur Khas Minangkabau

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.