#KodeNusantaraBlog

Tari Lalayon; Tari Indah Penuh Cinta

Tari Lalayon adalah salah satu tarian tradisional yang berasal dari Maluku Utara. Tarian ini merupakan tari pergaulan yang berisikan pesan-pesan berbau romantis dan cinta. Karena tujuan utama tari ini untuk menyatakan perasaan, maka tarian wajib dibawakan secara berpasangsan dan memiliki gerakan-gerakan yang elok nan indah disetiap gerakan tariannya. Lagu yang berirama Melayu juga menjadi elemen terpenting didalam Tari Lalayon. Musik melayu yang mengalun lembut sangat cocok mengiringi tarian dalam membentuk atmosfir romantis yang akan mendukung tersampaikannya pesan cinta.

Pada pementasan Tari Lalayon, beberapa pasang penari pria dan wanita akan secara berpasangan memasuki pelataran tari.  Lalu para penari akan saling bertatapan dan bercuri pandang antara penari pria dan wanita seolah-olah mereka sedang dalam perasaan kasmaran. Kemudian penari pria mulai melakukan gerakan menggoda dihadapan penari wanita. Setelah itu para penari wanita akan  membalas godaan tersebut dengan sebuah senyuman. Para penari tersebut secara berpasang-pasangan kemudian berputar seolah-olah saling berbalas cinta satu dengan lainnya. Perasaan sayang dan penuh perhatian sangat terasa didalam setiap gerakan para penari ini. Setiap pasangan akan menunjukkan kehangatan yang begitu mendalam sebagai bentuk dari pesan cinta yang mereka miliki. Para penari mengenakan pakaian yang berwarna cerah sebagai penanda rasa bahagia mereka.

Tari Lalayon

Tari Lalayon ini biasanya dibawakan dalam acara-acara formal, seperti acara perayaan adat atau pesta pernikahan. Selain merupakan jenis tarian tradisional, Tari Lalayo juga populer dikalangan generasi muda di Maluku Utara. Mereka juga tidak malu dan bahkan sebaliknya sangat mendukung tarian ini, hal ini mungkin karena pesan-pesan cinta nan romantis yang terkandung didalam tarian Lalayon ini yang sangat cocok bagi para kawula muda yang dimabuk cinta. Walaupun demikian, tarian ini tidak hanya bermakna hubungan kasih diantara muda-mudi saja. Tari Lalayon ini juga memiliki nilai filosofi sebagai sebuah ucapan rasa syukur atas berbagai anugerah yang telah Tuhan berikan. Energi positif tergambar jelas dari wajah para penari yang tampak berseri dengan senyuman yang menunjukkan kebahagian dan kegembiraan.


Sumber:

Indonesiakaya.com – Tari Lalayon yang Penuh Cinta Antar Dua Insan Manusia

kamerabudaya.com – Tari Lalayon Tarian Tradisional Dari Maluku Utara

Info Lanjut:

PDBI – Tari Lalayon

Previous post

Mengenal Seunungkee Batee Masyarakat Aceh

Next post

Es Drop, Si Legendaris dari Blitar

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.