#KodeNusantara#NusaKulinerBlog

Mengenal Kudapan ‘Nendang’ Bernama Lenggang

Lenggang merupakan salah satu makanan khas kota Palembang. Beberapa orang mungkin cukup asing dengan namanya, tapi wujud dan rasanya mungkin sudah cukup dikenali karena rasanya mirip dengan Pempek khas Palembang. Lalu, apa yang membedakan Lenggang dengan Pempek?

Lenggang adalah kudapan yang dibuat dari adonan yang sama dengan adonan Pempek. Adonan Pempek dan Lenggang terbuat dari ikan yang telah digiling halus, dicampur dengan tepung sagu, dan ditambahkan penyedap rasa lainnya. Berbeda dengan Pempek, adonan Lenggang akan dibakar atau dipanggang di atas bara api dengan berlapis mangkuk berbentuk kotak yang terbuat dari daun pisang. Namun, sebelum itu adonan perlu dicampurkan dengan telur hingga menenggelamkan atau menutupi bagian adonan yang terbuat dari ikan.

Adonan Lenggang beserta telur yang telah dimasukkan ke dalam piring daun pisang dibakar di atas arang dengan api kecil agar adonan matang merata. Selain dibakar, adonan juga dapat digoreng dengan menggunakan api kecil dan hasilnya akan terlihat seperti omelet, namun rasanya akan cukup berbeda karena tidak tercium aroma daun pisang yang dibakar bersama adonan.

Setelah matang, Lenggang dapat dinikmati dengan saos berwarna hitam khas Palembang, yaitu cuko. Biasanya penikmat Lenggang menikmati makanannya dengan cara menyiramkan cuko ke atas Lenggang layaknya kuah. Tidak lupa, bahan pelengkap seperti ebi halus beserta irisan timun disajikan di atasnya.

Sangat menggugah selera bukan? Dijamin rasanya nendang dan membuat ketagihan.


Sumber:

PDBI – Mengenal Kudapan Rasa Nendang Bernama Lenggang

Previous post

Menjaga Kebersamaan dengan Tradisi Megibung

Next post

Tari Bambangan Cakil, Tarian Tradisional Khas Jawa Tengah

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.