#KodeNusantara#NusaKulinerBlog

Keripik Buah Oleh-Oleh Khas Kota Malang

Kota Malang dikenal memiliki oleh-oleh atau jajanan yang unik dan juga sehat, yaitu keripik buah. Pasti kalian tidak asing lagi kan mendengar buah-buahan dijadikan keripik. Bagi kalian yang belum mengetahui dan mencicipinya pasti mengira rasanya aneh. Tapi jangan salah keripik buah memiliki rasa yang sangat enak. Rasanya gurih, kaya akan nutrisi, tidak terasa kecut, dan yang paling penting harganya cukup terjangkau.

Tidak hanya satu jenis buah saja lho yang bisa dijadikan keripik. Buah-buah yang biasa dijadikan keripik, yaitu apel, nangka, manga, nanas, papaya, rambutan, salak, dan masih banyak lagi. Saking terkenalnya keripik buah sekarang menjadi oleh-oleh khas Kota Malang. Jika kalian pergi ke Malang rasanya belum lengkap kalau belum mencicipi enaknya aneka keripik buah khas Malang. Keripik buah ini dapat ditemukan di seluruh toko oleh-oleh sepanjang jalur utama Malang. Menu keripik buah menjadi jajanan primoda di setiap toko.

Kalian pasti penasaran kan bagaimana awal munculnya ide untuk membuat buah menjadi keripik yang gurih. Ternyata semua ini berawal dari temuan seorang dosen Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya, Malang pada awal tahun 1990-an. Dosen tersebut menemukan sebuah teknologi pengolahan keripik buah skala UKM. Teknologi ini dikenal dengan sebutan “Mesin Vacuum Frying” yang memiliki metode penggorengan vakum. Di mana buah-buahan segar yang telah dikupas dan dibersihkan setelah itu digoreng dalam keadaan hampa udara (vakum). Hal inilah yang menyebabkan banyaknya industri UKM di Malang memproduksi aneka ragam keripik buah.

Dengan adanya teknologi seperti ini kita tidak perlu khawatir akan sakit tenggorokkan setelah memakan keripik buah, karena proses menggorengnya yang berbeda dari keripik lain. Dipastikan minyak tidak akan menempel di keripik tersebut. Apalagi keripik ini adalah keripik yang terbuat dari buah-buahan, sehingga kerimik ini cukup sehat.

Keripik buah saat ini menjadi oleh-oleh favorit wisatawan Kota Malang. Yang selalu menjadi incaran, yaitu keripik apel, buah yang paling terkenal di Malang. Harga setiap keripik buah berbeda-beda tergantung banyaknya di setiap kemasan dari berbagai toko, namun masih tetap terjangkau. Sekantung keripik apel harganya Rp 13.000, keripik nangka Rp.10.500, dan keripik salak Rp 11.000.

Nah, bagi kalian yang ingin pergi ke Kota Malang jangan lupa ya untuk merasakan uniknya berbagai macam aneka keripik buah khas Malang. Tapi, kalau kalian tidak sempat pergi ke sana kalian bisa memesannya secara online, karena saat ini sudah banyak toko-toko belanja online yang menjual keripik buah. Jika kalian ingin membuat sendiri keripik buah di rumah juga bisa lho! Membuatnya tidak sulit, berikut ini bahan-bahan yang kalian perlukan dan cara membuatnya:

Bahan yang disiapkan:

  • 1 kg buah Apel segar
  • 400 mg minyak goreng
  • Alat pengeringan (Vacuum Frying) (jika ada)

Cara membuatnya:

  1. Kupas kulit apel kemudian dicuci hingga bersih.
  2. Setelah dikupas, apel dipotong tipis-tipis lalu cuci dengan hati-hati.
  3. Rendam apel yang sudah dicuci dengan air yang bersih sampai 30 menit agar warna Apel tidak berubah kecokelatan.
  4. Panas minyak pastikan jangan melebihi dari 60 derajat celcius, lalu masukan apel ke dalamnya dan tunggu sampai sekitar 1 jam.
  5. Angkat apel, kemudian masukan ke dalam alat pengering selama 2 sampai 3 putaran agar minyak tidak menempel di apel.
  6. Tiriskan dan jadilah keripik Apel khas Malang yang bisa langsung disantap.

Selamat mencoba!


Sumber:

tempesanan – Keripik Buah Oleh-oleh Khas Kota Malang

Bintang – Tak Pelu ke Malang, Simak Resep Membuat Keripik Apel

Info Lanjut:

PDBI – Keripik Buah Malang

Previous post

Patung Mbis, Penghubung Kehidupan dan Kematian

Next post

Mari Berkenalan Dengan Blangkon

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.