#KodeNusantara#NusaKulinerBlog

Bentuk Syukur Para Nelayan di Cilacap

Laut, adalah teman terdekat orang pesisir pantai. Mereka pun banyak yang “berteman” dengan laut. Untuk berkomunikasi dengan sang pencipta laut, banyak tradisi yang tercipta. Salah satunya adalah tradisi Sedekah Laut yang dilakukan oleh masyarakat di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Sebenarnya, tradisi seperti ini banyak dilakukan oleh masyarakat yang tinggal di pesisir pantai. Masyarakat yang tinggal di daerah pesisir baik di Selatan maupun Utara Pulau Jawa banyak mengenal Upacara Sedekah Laut dengan wujud dan versi yang berbeda-beda sesuai daerah setempat. Upacara Sedekah Laut di Kabupaten Cilacap dilaksanakan setahun sekali, yaitu pada bulan Sura (pada kalender Jawa) bertepatan dengan hari Selasa Kliwon atau Jumat Kliwon pada bulan itu. Tradisi ini dilakukan dengan cara melarungkan sesaji ke laut dan dilaksanakan sekali dalam setahun.

Tradisi ini sudah menjadi hal yang lumrah bagi para nelayan di sana. Proses pelarungan sesaji adalah sebagai ungkapan rasa syukur yang dirasakan nelayan dan warga di sekitar pesisir pantai kepada yang Maha Kuasa.


Sumber:

  • Malinda, A. (n.d.). Academia. Retrieved from Academia: http://www.academia.edu/35307462/Upacara_Tradisi_Sedekah_Laut_Di_Kabupaten_Cilacap
  • Sanjaya, M. (2014, Agustus 23). PDBI ritual. Retrieved from PDBI: https://budaya-indonesia.org/Sedekah-Laut/
Previous post

Mengenal Smong, Pengetahuan Tentang Tsunami Masyarakat Simeulue

Next post

Mengenal Sato, Alat Musik Tradisional dari Labu Hutan

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.