BeritaBlog

Keramaian Paskah di Bukit Wonogiri

Saat perayaan paskah, masyarakat tertarik untuk menyaksikan keramaian di lereng puncak Gunung Gandul Wonogiri, Jawa Tengah.  Ada apa, ya?

Setiap tahun, umat Katolik memanfaatkan bukit di utara kota Wonogiri tepatnya kampung Giriwono untuk memperingati hari raya Paskah yang diberi nama Jalan Salib pada hari Jumat yang di seluruh dunia terkenal dengan nama Perayaan Jumat Agung. Biasanya, bukit ini untuk tempat wisata masyarakat setempat yang ingin melihat wilayah kota dari bukit.

Kegiatan yang umat Katolik lakukan dalam perayaan Paskah ini dengan mereka ulang saat Yesus Kristus disalib. Ratusan orang mengiringi acara ini dengan mendaki bukit sepanjang 3 km untuk melihat teatrikal bagaimana tokoh yang memerankan Yesus Kristus disiksa, berjalan memanggul salib, disalibkan hingga meninggal dunia bersama 2 tokoh lain di puncak bukit ini yang seperti bukit Golgota.

Jika dibandingkan daerah lain, perayaan Paskah di Wonogiri ini memang tidak terasa kekhasan budaya tradisinya karena lebih dominan ke ritual umat Kristiani. Walau bagaimanapun, semoga kegiatan ini tetap berjalan damai tidak merusak toleransi para masyarakat dan semangat suka cita yang dirasakan menyebar ke seluruh umat beragama di Nusantara.

 

Sumber: nationalgeographicjateng2.kemenag


Info lebih lanjut:

Jawa Tengah

Previous post

Tradisi Unik Momen Paskah di Palangka Raya

Next post

Nuansa Budaya Toba, Borobudur dan Labuan Bajo Tampil dalam Indonesia Fashion Week 2018

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.