Blog

Cara Unik Orang Palembang Dalam Memilih Calon Menantu

infobudaya.net – Orang bilang Tak Kenal Maka Tak Sayang. Kalimat ini mungkin cukup tepat untuk menggambarkan tentang kebudayaan Indonesia saat ini. Budaya Indonesia begitu banyak, unik, dan beragam tetapi pada kenyataannya masih banyak sekali budaya Indonesia yang belum diketahui oleh masyarakat Indonesia itu sendiri. bahkan terkadang dari beberapa budaya Indonesia yang begitu banyak tersebut telah diakui dan diklam oleh negara lain.

Miris! itulah kata yang bisa kita gambarkan. Maka dari itu, kita sebaiknya lebih mengenal lagi budaya Indonesia. salah satu contohnya adalah sebuah tarian.  ada satu tarian yang dianggap memiliki peran yang sangat penting dan menjadi turun-temurun dari nenek moyang. Tarian itu bernama Tari Madik & Nindai.

Tari ini adalah adat istiadat masyarakat Palembang berupa tarian tradional. Tarian ini pun menggambarkan adat istiadat masyarakat Palembang yang memiliki kebiasaan dalam memilih calon menantu. Sang orangtua pria terlebih dahulu datang ke rumah seorang wanita dengan maksud melihat dan menilai (madik dan nindai) gadis yang dimaksud. cara mencari menantu seperti ini adalah untuk melihat kepribadian dan kekeluargaanya sehari-hari.  Dengan cara itu diharapkan bahwa apabila si gadis dijadikan menantu, maka ia tidak akan mengecewakan pihak keluarga dan calon suaminya. Hal itu tentu membuat kehidupan mereka akan berjalan langgeng sesuai dengan harapan pihak keluarga mempelai pria.

Masih banyak lagi budaya Indonesia yang perlu kita kenal dan ketahui. Sebagai generasi penerus bangsa adalah tugas kita untuk menjaga dan melestarikan warisan budaya dari daerah kita masing-masing.

 

Sumber:

Kidnesia


Lebih lanjut tentang:

 

Artikel Sebelumnya

Sobat Budaya, Raih Apresiasi Komunitas Pelopor Perubahan

Artikel Selanjutnya

Cara Banjar Merawat Permainan Rakyat

Tidak Ada Komentar

Tinggalkan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.