BeritaEvent

Borobodur dan Olimpiade Astronomi, Apa Hubungannya?

infobudaya.net: – Artefak budaya Indonesia yang paling terkenal yaitu Candi Borobudur menjadi tuan rumah olimpiade astronomi Internasional atau International Olympiad on Astronomy and Astrophysics (IOAA). Indonesia kembali menjadi tuan rumah setelah sebelumnya pada tahun 2008 di kota Bandung.

Kehormatan menjadi tuan rumah di ajang bergengsi tersebut dikatakan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan saat membuka IOAA di pelataran Candi Borobudur Magelang, Jawa Tengah, Senin (27/7/2015). Tercatat sebanyak 317 peserta dari 41 negara peserta sementara Indonesia mengirimkan 10 orang dalam perhelatan tersebut. Karena itu Anies berharap, seluruh peserta agar menjunjung tinggi sportivitas dan integritas. Dan dari kompetisi internasional tahunan antarsiwa SMA sederajat di bidang Astronomi ini akan muncul anak bangsa yang berprestasi.

Sedangkan alasan Borobudur dijadikan lokasi ajang internasional tersebut bukan tanpa alasan. Indonesia ingin mengenalkan secara luas keberadaan Candi Borobudur dan Prambanan sebagai artefak monumental yang dimiliki oleh negeri ini karna dibangun dengan memerhatikan aspek astronomi. Karena itulah lewat ajang bergengsi ini Mendikbud ingin mendorong minat generasi muda terhadap ilmu astronomi. Sebab, astronomi banyak berguna bagi kehidupan.

Sumber:

TEMPO. CO


Lebih jauh Tentang:

Previous post

Akordeon, Akulturasi Budaya Eropa dan Pribumi

Next post

Mengunyah Sate Bandeng

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.