Berita

Tradisi Unik Cari Jodoh di Bali

infobudaya.net – Setiap orang pasti punya cara unik mencari jodoh. Indonesia memiliki banyak tradisi atau adat yang memiliki cara khas dalam perjodohan dan masih dilakukan oleh beberapa masyarakat tradisional Indonesia. Tidak kalah nyentrik, dari masyarakat modern zaman sekarang.

Seperti yang terjadi pada tradisi kikir gigi di Bali. Upacara kikir gigi atau potong gigi ini, merupakan upacara masyarakat Hindu yang dilaksanakan pada anak remaja yang sudah menginjak dewasa. Upacara kikir gigi dilakukan oleh pendeta Hindu tanpa menggunakan obat-obatan apapun. Enam gigi depan yang berada di rahang atas akan mereka kikir sampai berbentuk rata.

Pemotongan gigi ini dimaksudkan untuk menghilangkan sifat buruk dalam diri remaja yang akan tumbuh dewasa. Masyarakat Bali percaya dengan mengikir gigi, maka roh-roh jahat yang ada di dalam diri mereka dapat diusir. Tradisi kikir gigi ini juga dipercaya menyegerakan seseorang untuk mendapatkan jodohnya. Masyarakat Bali menganggap jika remaja yang sudah melakukan kikir gigi berarti dia telah siap menjadi dewasa dan menikah.

Selain itu ada pula, tradisi omed-omedan (ciuman masal). Pada tradisi ini, pemuda-pemudi akan mengarak salah satu anggotanya. Kemudian kedua muda mudi ini berpelukan sambil berciuman di muka umum. Dua insan ini akan dipisahkan setelah diguyur dengan air. Kadang karena perwakilannya tidak saling suka, mereka akan saling menghindar untuk berciuman meski sudah didorong untuk melakukannya. Namun, bagi wanita yang datang bulan tidak diperbolehkan ikut acara tersebut agar menjaga kesucian ritual.

 

Sumber:

viva.co.id


Legih jauh tentang:

Artikel Sebelumnya

Rahasia dibalik uang Rp10.000

Artikel Selanjutnya

Tradisi "Megibung" digelar di Kampung Punia

Tidak Ada Komentar

Tinggalkan komentar

Your email address will not be published.