Berita

Wayang Kulit Bali Sering Pentas di Amerika

Pementasan wayang kulit Bali kini sudah biasa dilakukan di Amerika Serikat. Maria (60 tahun), seorang praktisi teater asal Amerika Serikat ini sudah cukup lama belajar mendalang pada I Wayan Nartha (73) di Sukawati, Gianyar. Sebelumnya, seorang sutradara film Larry Reed, ikut memperdalam seni budaya pakaliran pada I Rajeg di Tunjuk, Tabanan, dan telah terbiasa menyuguhkan pertunjukkan wayang kulit.

Kehadiran wayang kulit Bali di Amerika serikat mendapat apresiasi karena beberapa kali dalang terkenal Bali I Wayan Wija (62) mendapat undangan pentas dan workshop di AS. Wija bersama para penabuhnya tampil dalam pementasan wayang klasik, dan secara perseorangan juga beberapa kali diundang seniman teater setempat untuk berkolaborasi menggarap seni inovatif.

Dalam pementasan tersebut, Maria yang hampir setiap tahun datang ke Bali untuk mengasah ilmu pedalangannya menggunakan bahasa Inggris untuk tokoh-tokoh punakawan. Sedangkan tokoh-tokoh lainya tetap menggunakan bahasa Kawi agar wayang kulit Bali tetap menunjukkan identitas budayanya.


Sumber Berita

republika.co.id


Lebih lanjut tentang:

 

 

Previous post

Keindahan Kain Tenun Khas Baduy

Next post

Ada Lomba Pa'dende di Jambore Fotografi

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.