BeritaEvent

Jejak Akulturasi Budaya Portugis dan Indonesia

Akulturasi merupakan bagian sejarah dan kekayaan yang dimiliki oleh bangsa Indonesia hingga saat ini. Beberapa kosakata bahkan hasil dari akulturasi budaya antara Indonesia dengan bangsa lain, termasuk Portugis. Hal ini menjadi inspirasi dalam Gelar Wicara dan Pameran Karya Jejak Akulturasi Budaya Portugis dan Indonesia di Gedung Yustinus, Unika Atma Jaya, Jakarta, Kamis (30/4).

Event ini terbagi dalam dua bagia. Bagian pertama adalah gelar wicara untuk mengupas tuntas dari berbagai sudut pandang mengenai keberadaan komunitas Kampung Tugu. Bagian kedua adalah pameran foto, kuliner, dan pagelaran musik Keroncong Tugu. Musik Keroncong Tugu adalah hasil akulturasi Indonesia dengan Portugis.

Sejarah panjang bangsa Indonesia dengan Portugis melahirkan banyak hal, salah satunya peninggalan hidup bangsa Portugis di Jakarta. Kehadiran Kampung Tugu di kawasan Jakarta Utara pada awalnya berasal dari Katau Kampung Portugis yang lama kelamaan hanya disebut Kampung Tugu saja. Di sana tinggal beberapa keturunan Portugis dan tetap mempertahankan beberapa budaya Portugis dalam keseharian mereka. Salah satu yang masih berusaha bertahan adalah kesenian Keroncong Tugu.

Sumber Berita

indopos.co.id


Lebih lanjut tentang:

 

Previous post

Promosi Budaya Indonesia di Spanyol

Next post

Keprihatinan Penari Reog Atas Klaim Budaya

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.