Berita

Aneka Ragam Boga Bahari Nusantara

Sebagai negara maritim, Indonesia memiliki potensi yang sangat besar dalam hal kekayaan kuliner bahari. Setiap daerah di Indonesia memiliki cara penyajian dan olahan ikan hasil laut yang berbeda-beda. Dari tangan masyarakat Indonesia kita mengenal empek-empek, tekwan, gulai ikan, ikan bakar, otak-otak ikan, sate lilit dan lain-lain. Secara garis besar, para “pekerja” dapur kerap bereksperimen dengan menggunakan bumbu yang berlimpah di sekitarnya.

Dalam catatan sejarah klasik Nusantara, nenek moyang Indonesia sudah akrab dengan sajian dari laut sejak abad ke-15. Tidak hanya untuk dikonsumsi sendiri, makanan olahan dari laut juga menjadi salah satu komoditas ekspor nusantara sejak berabad-abad silam. Pada era kejayaan pelayaran dan perdagangan Asia Tenggara, teripang, sirip ikan hiu, dan ikan paus menjadi komoditas yang berharga di kawasan Indonesia Timur.

Laut yang luas dan sumber daya alam yang melimpah telah melahirkan aneka boga bahari yang begitu kaya di Tanah Air. Potensi inilah yang belum dimaksimalkan dan kurang terkomunikasikan dengan baik kepada publik sehingga kurang dikenal. Dengan jumlah penduduk dan pengguna internet yang besar, maka informasi boga bahari yang dimiliki Indonesia bisa disebarluaskan ke masyarakat dunia. Namun sebelum menyebarkan informasi, alangkah baiknya ita terlebih dahulu mengenal dan mencintai boga bahari sebagai kekayaan negeri ini.

Sumber Berita

koran-jakarta.com


Lebih lanjut tentang:

 

Artikel Sebelumnya

Jadwal Pertunjukan Keroncong Week Di Galeri Indonesia Kaya

Artikel Selanjutnya

Hokky Situngkir Kenalkan Batik Fraktal di Quality Innovation Convention

Tidak Ada Komentar

Tinggalkan komentar

Your email address will not be published.