BeritaEvent

Sumatera Barat Gelar Festival Matrilineal Dunia

Kebudayaan Matrilineal adalah kebudayaan yang mengatur alur keturunan berasal dari pihak ibu. Sumatera Barat, dalam hal ini Suku Minangkabau, merupakan suku bangsa matrilineal terbesar di dunia. Untuk mengangkat kebudayaan matrilineal yang selama ini hidup di tengah dominasi kebudayaan patriarki, maka pada tanggal 25 Oktober hingga 1 November 2015 akan diselenggarakan Festival Matrilineal.

Festival ini akan dihadiri sejumlah suku penganut matrilineal. Tidak hanya di Indonesia, Festival ini juga akan mengundang perwakilan suku bangsa Kerala, India; Mosu, Cina; Patani, Thailand; dan Negeri Sembilan, Malaysia. Selama festival berlangsung, setiap delegasi akan menampilkan kesenian, kuliner dan pameran kebudayaan sehingga bisa saling mengenal antar suku penganut matrilineal.

Festival Matrilineal akan digelar di kawasan rumah gadang Minangkabau di Kabupaten Sijunjung, Kabupaten Tanah Datar, dan Kota Padang. Para peserta akan menginap di rumah tradisional dan menikmati kehidupan budaya tradisional Minangkabau.

Artikel Sebelumnya

5 Festival di Indonesia yang Paling Ditunggu

Artikel Selanjutnya

POLRI Kenalkan Budaya Indonesia di Sudan

Tidak Ada Komentar

Tinggalkan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.