Berita

Nilai-nilai Luhur Budaya Betawi Harus Dipertahankan

Tuntutan zaman yang terus berkembang seringkali mengikis eksistensi budaya tradisional. Hal ini juga dialami oleh budaya Betawi. Budaya Betawi yang terletak di ibukota negara Indonesia menghadapi serbuan modernisasi yang terkadang menggerus nilai-nilai budaya Betawi.

Betawi sebagai ‘tuan rumah’ ibukota Indonesia harus menjadi ‘tuan rumah’ yang baik tanpa menghilangkan jatidiri budaya Betawi. Keberadaan LKB, Lembaga Kebudayaan Betawi, harus dimaksimalkan dengan meningkatkan kerja sama antar instansi pemerintah, swasta, maupun elemen lain seperti kampus atau universitas. Sehingga nilai-nilai luhur yang terkandung di dalam budaya Betawi dapat dipertahankan dan dijunjung tinggi.

LKB sebagai wadah bagi kebudayaan Betawi juga diharapkan dapat menaungi serta menggali kesenian dan seniman-seniwati budaya Betawi di akar rumput, sehingga regenerasi pelaku budaya Betawi dapat terjadi. Proses regenerasi ini dilakukan dengan pergelaran akbar dan rutin serta disosialisasikan ke mancanegara sehingga turis asing yang datang ke Indonesia dapat mengenal lebih dulu seni dan budaya Betawi.

Sumber:

Tribunnews

 


Lebih lanjut tentang:

Artikel Sebelumnya

Festival Keroncong Muda Pertama di Indonesia

Artikel Selanjutnya

Dalami Budaya Jawa Lewat Tari Dewi Sri

Tidak Ada Komentar

Tinggalkan komentar

Your email address will not be published.