Berita

Kegiatan Membatik Diminati Banyak Siswa

Penghargaan Batik oleh UNESCO sebagai warisan budaya Indonesia menginspirasi SMA Negeri 2 Kota Magelang untuk memiliki kegiatan ekstrakurikuler (ekskul) membatik. Ekskul ini sebenarnya sudah lama ada di sekolah ini, namun mulai banyak peminatnya saat batik corak khas Magelang mulai disukai masyarakat. Saat ini, sudah ada 60 siswa yang mengikuti kegiatan ekskul membatik. Meski agak sulit untuk dipelajari namun tidak menyurutkan minat para siswa untuk belajar membatik yang dilaksakan seminggu sekali.

Dengan menggunakan kompor, wajan, canting, malam tulis hingga cap, peralatan membatik didapat dari anggaran swadaya sekolah. Bahkan ekskul ini sudah memproduksi batik dan hasilnya sudah dijual ke pasar. Pihak sekolah pun mengapresiasi hasil kerajinan batik SMAN 2 Kota Magelang di bazaar musrenbang.

Jenis corak batik yang dijual antara lain motif water torn, Diponegoro, daun, bunga-bungaan serta motif khas Magelang lainnya. Untuk meningkatkan penjualan, pihak sekolah melakukan promosi dengan mengikuti pameran di sejumlah event.

Sumber:

radarjogja.co.id


Lebih lanjut tentang:

 

Previous post

Lakon 'Bima Bothok' dipentaskan di Panjatan

Next post

Pentas Mozaik Budaya Tampilkan Budaya Dayak

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.