Berita

Tarian Khas Cirebon dan Tionghoa Bertemu di Panggung Budaya Sunyaragi

Panggung budaya Sunyaragi di Komplek Taman Air Gua Sunyaragi menjadi  tempat bersatunya pentas tarian khas Cirebon dengan Tionghoa yang diselenggarakan pada hari Sabtu, 14 Februari 2015. Pentas tarian Cirebon dan Tiongkok ini bertemakan “Semarak Sunyaragi 2015.”

Berbagai macam tarian khas Cirebon dan Tionghoa dipentaskan, yakni tari Topeng Panji, tari Tangan Seribu, atraksi Barongsai, Tari Berokan, Genjring Rudat Sidapurna dan pertunjukan musik keroncong. Banyak seniman Cirebon yang ikut serta dalam penyelenggaraan acara ini.

“Semarak Sunyaragi 2015” merupakan acara yang digarap oleh Kasultanan Kasepuhan Cirebon bekerjasama dengan Kementrian Pariwisata. Tari Topeng Panji yang merupakan tarian asal Cirebon menjadi tarian pembuka dalam rangkaian acara ini. Tari ini menggambarkan sosok manusia yang lemah lembut.

Menurut Sultan Sepuh XIV Kasultanan Kasepuhan Cirebon, PRA Arief Natadiningrat, pagelaran ini diselenggarakan sebagai upaya untuk menggaet wisatawan berkunjung ke Cirebon. Gua Sunyaragi yang merupakan situs sejarah di Cirebon dimanfaatkan untuk mengangkat kebudayaan dan pariwisata Cirebon.

 

Sumber tulisan:

http://jabar.tribunnews.com/2015/02/15/tarian-khas-cirebon-dan-tionghoa-bertemu-di-panggung-budaya-sunyaragi

Lebih lanjut:

Topeng Berokan http://budaya-indonesia.org/Topeng-berokan/

Berokan http://budaya-indonesia.org/Berokan/

Artikel Sebelumnya

Disbudpar Sleman Minta SKE Sediakan Lahan Bagi UKM

Artikel Selanjutnya

Menteri Pariwista Usulkan Kota Solo Jadi Kota Budaya Dunia

Tidak Ada Komentar

Tinggalkan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.