#KodeNusantaraBeritaEvent

Nuansa Budaya Toba, Borobudur dan Labuan Bajo Tampil dalam Indonesia Fashion Week 2018

Indonesia Fashion Week (IFW), sebuah ajang perhelatan busana moderen nan trendi yang rutin diselenggarakan tiap tahun di Indonesia, kini mengusung tema “Cultural Identity.” IFW 2018 dibuka secara resmi pada hari Rabu, 28 Maret 2018 kemarin di Jakarta Convention Center (JCC) dan akan berlangsung hingga 1 April 2018.

IFW kali ini fokus mengangkat tema fesyen dari tiga destinasi wisata unggulan Indonesia, yakni Danau Toba di tanah Batak, Borobudur di Jawa Tengah dan Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur. Tema dan fokus tema fesyen ini diangkat berdasarkan pertimbangan sejarah, dan budaya tradisi yang unik.

Di hari pertama dan pembukaan, “Great Toba” menjadi sorotan. Busana-busana dengan sentuhan kain-kain ulos mencuri perhatian para pengunjung. Di hari kedua akan ditampilkan busana dengan nuansa Jawa Tengah/Borobudur dan hari terakhir dengan sentuhan gaya budaya Labuan Bajo.

Dari sini, identitas budaya yang lekat pada kain nusatara bisa menjadi bagian dan inovasi dari produk fesyen yang menjadi ciri khas Indonesia. Khazanah budaya tradisi yang begitu beragam dan amat kaya sungguh memiliki potensi besar untuk dikembangkan dan menjadi sumber ekonomi kreatif di Nusantara.

 

Sumber:

Kompas

Perpustakaan Digital Budaya Indonesia

 

Baca Lebih Lanjut:

Motif Kain

Candi Borobudur

Previous post

Keramaian Paskah di Bukit Wonogiri

Next post

Sigale-gale, Teknologi Kuno Warisan Indonesia

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *