#NusaKulinerBlogInfografis

5 Referensi Makanan Nusantara Untuk Tahun Baru

Tahun baru tidak hanya identik dengan kembang api saja tetapi juga identik dengan makanan-makanan yang disajikan. Pada umumnya jagung bakar dan barbeque menjadi makanan wajib ketika tahun baru. Nah, kali ini ada beberapa menu yang bisa dijadikan sebagai alternatif untuk kalian yang ingin mencoba gaya masakan baru untuk malam tahun baru.

1. Bongko Mento

Bongko Mento merupakan makanan khas Jepara, Jawa Tengah. Secara tampilan bongko mento mirip dengan bothok karena di bungkus dengan daun pisang. Namun yang menjadi perbedaan disini adalah bahan utama yang digunakan. Bongko mento menggunakan ayam sebagai bahan utama yang kemudian dicampur dengan jamur kuping, soun dan santan. Baiasanya masyarakat Jepara menjadikan bongko mento sebagai cemilan wajib untuk tahun baru.

2. Kue Lontar

Hadir juga salah satu cemilan yang sangat nikmat dan pas untuk menemani tahun baru kalian, yaitu kue lontar. Kue lontar merupakan kuliner andalan masyarakat Papua. Disebut sebagai lontar bukan karena menggunakan bahan dari pohon lontar ya kawan, nama ini berasal dari bahasa Belanda “londart” yang berarti berbentuk bulat. Kue lontar memiliki rasa yang lembut di bagian dalam dan garing di bagian luarnya. Masyarakat Papua selalu menyajikan kue lontar ketika perayaan Natal dan juga tahun baru.

3. Ayam Bakar Taliwang

Siapa yang tidak mengenal kuliner terkenal dari Lombok, NTB ini? Tentu saja kuliner ini menjadi santapan favorit bagi seluruh pencinta kuliner Indonesia khusunya mereka yang doyan pedas. Ayam bakar taliwang akan bertambah nikmat jika dipadupadankan dengan nasi hangat dan plecing kangkung khas Lombok. Untuk kalian yang bosan dengan resep ayam bakar pada umumnya, kalian bisa menjadikan ayam bakar taliwang sebagai menu baru di malam tahun baru nanti.

4. Ikan Mas Arsik

Selain perayaan adat dan juga hari besar seperti Natal, ikan mas arsik juga disajikan setiap malam tahun baru. Bahan dan cara pembuatannya yang begitu mudah bisa kalian jadikan untuk menu malam tahun baru bersama keluarga tercinta. Biar semakin mantap, ikan mas arsik bisa dihidangkan dengan nasi hangat dan sambal andaliman.

5. Tabaro Dange

Tabaro dange merupakan cemilan khas kota Palu, Sulawesi Tengah yang berbahan dasar sagu dan di campur dengan parutan kelapa. Uniknya pembuatan Tabaro ini masih sangat tradisional dengan menggunakan tungku dan belanga yang terbuat dari tanah liat loh! Masyarakat Palu percaya dengan menggunakan tungku dan belanga yang tebruat dari tanah liat ini akan menambah kelezatan tabaro dange. Bahan-bahannya pun sangat sederhana yaitu tepung ketan hitam, kelapa parut setengah tua, gula merah atau gula aren, gula pasir, garam dan air matang.

Itu dia 5 kuliner yang bisa kalian coba untuk hidangan pada malam tahun baru. Apakah kalian tertarik untuk mencoba menu baru untuk menemai perayaan tahun baru nanti?

Data terkait:

PDBI – Bongko Mento | PDBI – Kue Lontar | PDBI – Ikan Mas Arsik | PDBI – Ayam Taliwang | PDBI – Tabaro Dange

Artikel Sebelumnya

Konvoi Santa Claus dan Sinterpit Di Papua

Artikel Selanjutnya

Wajib Dicoba, 5 Kuliner Tradisonal Ini Lezat dan Bergizi

Tidak Ada Komentar

Tinggalkan komentar

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.