#KodeNusantara#NusaKulinerBlog

Munggahan, Tradisi Masyarakat Sunda Menyambut Bulan Penuh Berkah

Bulan Ramadhan, bulan yang ditunggu-tunggu oleh setiap kaum muslimin. Masyarakat Indonesia yang mayoritas beragama muslim menyambutnya dengan suka ria. Keberagaman yang hadir di Indonesia membuat penyambutan bulan ini memiliki ciri khas tersendiri di setiap daerah.

Suku Sunda, misalnya. Dalam adat suku Sunda penyambutan bulan Ramadhan dinamakan Munggahan. Munggahan berasal dari kata Munggah yang berarti ‘naik’. Disebut Munggahan karena orang yang melaksanakan puasa akan lebih mendekatkan diri dengan sang Khaliq dan juga sebagai ungkapan rasa syukur.

Munggahan biasa dilaksanakan pada akhir bulan syaban atau sehari sebelum puasa. Dalam pelaksanaannya, tradisi ini melakukan makan bersama (botram) dengan keluarga, kerabat dan tetangga yang bertujuan menyambung silahturahmi dan meminta maaf.

Selain makan bersama juga dilaksanakan doa bersama menjelang bulan puasa sebagai sarana dalam mempertahankan nilai toleransi, tenggang rasa, saling menghormati dan menjaga keharmonisan umat. Tradisi ini dilakukan secara turun temurun oleh suku Sunda.


Sumber:

PDBI – Munggahan

Previous post

Dugderan: Tradisi Khas Semarang Menyambut Ramadan

Next post

Balimau, Tradisi Menjelang Ramadan di Minangkabau

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.