#KodeNusantara#NusaKulinerBlog

Bir Pletok, Bir Tanpa Alkohol Khas Masyarakat Betawi

Indonesia dikenal dengan keberagaman kuliner yang dimiliki. Setiap daerah memiliki ciri khas dan keunikannya tersendiri. Salah satu daerah yang memiliki kuliner cukup unik adalah Jakarta. Mendengar kata Jakarta, apa yang ada di benak kalian? Kota Metropolitan, mewah, penuh, macet, panas, benar bukan? Tetapi kali ini kita tidak akan membahas mengenai kota Jakarta, melainkan membahas kulinernya dalam bagian minuman. Apakah kalian pernah mendengar minuman bir pletok? Iya, minuman ini berasal dari Kota Jakarta. Jakarta membuat minumal alkohol? Tentu saja bukan! Ingin tahu lebih lengkap tentang Bir Pletok ini? Yuk kite simak nih ulasannye!

Bir Pletok, merupakan minuman unik yang berasal dari DKI Jakarta. Bir Pletok mulai dibuat oleh masyarakat Betawi sejak zaman penjajahan kolonial Belanda. Dahulu orang Belanda sering sekali mengadakan pesta dengan minuman bir alkohol. Berhubung masyarakat Betawi mayoritas beragama Islam, mereka cenderung berfikir bahwa itu haram. Karena rasa penasaran yang tinggi, masyarakat Betawi mencari ide sepintar mungkin agar bisa menikmati bir tanpa melanggar syariat agama. Maka dari itu, dibuatlah Bir Pletok dengan warna yang serupa dengan wine. Nama Bir Pletok sendiri diambil dari bagaimana orang Betawi melihat warna dari wine yang nama aslinya “beer“, tetapi orang Betawi menyebutnya “bir”. Sedangkan nama “Pletok” sendiri diambil dari suara yang keluar saat penutup wine biasanya dibuka, yakni terdengar seperti “plop atau pletok”, nah dari sinilah tercipta nama minuman Bir Pletok.

Bir Pletok dibuat dengan rempah-rempah yang kaya akan khasiatnya. Dibuat dengan tangan dan tanpa pegawet, Bir Pletok dibuat dengan campuran serai, jahe, kembang pekak, biji pala, daun jeruk, kayu manis, daun pandan, kayu secang dan kapulaga. Warna merah keungunan dari Bir Pletok ini didapat dari serutan kayu secang. Jika bir pada umumnya mengandung alkohol dan tidak baik untuk kesehatan, lain ceritanya dengan Bir Pletok ini. Kandungan antioksidan dalam minuman ini sangat baik untuk tubuh. Selain itu manfaat dari Bir Pletok di antaranya adalah membuat tidur lebih nyenyak, mengatasi masuk angin dan gejala flu, melancarkan peredaran darah, mengatasi tubuh pegal dan nyeri sendi, mengatasi masalah pencernaan dan meningkatkan imunitas. Gimana, lengkap banget kan?

Sumber: topindonesiaholidays.com

Bir Pletok juga dapat diminum di segala kondisi cuaca, lho. Kalau cuaca panas, Bir Pletok bisa disajikan dengan es batu. Sedangkan jika cuaca sedang dingin, Bir Pletok juga bisa disajikan hangat. Saat ini minuman Bir Pletok dapat kita temui di acara bazar, pasar malam, dan festival rakyat. Melihat adanya peluang yang cukup besar, banyak masyarakat Betawi yang saat ini gencar dalam memproduksi Bir Pletok dalam kemasan. Jangan khawatir mengenai rasanya ya, karena pembuatan Bir Pletok kemasan ini tetap menggunakan resep turun temurun dan dapat dipastikan bahwa cita rasa tetap terjamin asli. Jadi gimana Sobat, tertarik untuk mencicipinya?


Sumber:

Pegi-pegi

Good News From Indonesia

CNN Indonesia

Sindonews

Info Lanjut:

PDBI – Bir Pletok

Previous post

Soto Betawi, Olahan Daging Berkuah Santan Khas Jakarta

Next post

Mewarnai Ala Nenek Moyang

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.