#KodeNusantara#NusaKulinerBlog

Tradisi Pawai Jampana Khas Masyarakat Bandung

Pawai Jampana merupakan kegiatan khas masyarakat Kabupaten Bandung. Pawai Jampana sendiri dilakukan dengan cara masyarakat membawa tandu besar berisikan hasil bumi, hidangan makanan dan kerajinan masyarakat. Jampana sendiri dapat dikatakan sebuah miniatur hasil produksi warga, dan terkadang Jampana dilengkapi dengan tumpeng untuk nantinya dimakan oleh para peserta pawai.

Pawai Jampana dilakukan oleh 4 orang peserta yang memikul tandu. Biasanya acara Pawai Jampana ini dilaksanakan untuk memeriahkan hari kemerdekaan RI. Tetapi baru-baru ini Pemerintah Kota Bandung sedang mencoba untuk menyelenggarakan Pawai Jampana pada saat ulang tahun Kapubaten Bandung. Tradisi Pawai Jampana sangat didukung oleh Pemerintah. Karena itulah pada saat Pawai Jampana dilaksanakan, terdapat tandu berisikan hasil bumi yang mencapai 60 tandu banyaknya. Hasil bumi yang dibawa, nantinya akan diperebutkan oleh masyarakat. Sedangkan hidangan makanan, nantinya akan dimakan bersama-sama.

Pawai Jampana

Apabila kegiatan pawai ini semakin dikemas dengan baik, maka akan mampu menarik perhatian wisatawan lokal maupun asing untuk berkunjung ke Kota Bandung. Dan pada akhirnya inilah yang akan menjadi poin plus bagi Kota dan masyarakat Bandung itu sendiri.

Masyarakat Sunda dikenal sebagai masyarakat yang selalu menjunjung tinggi adat istiadat serta tradisi yang ada. Sehingga makna kekeluargaan, keharmonisan, dan kerukunan yang diterima oleh masyarakat Sunda tetap terjaga. Semakin banyak kegiatan yang digelar, semakin banyak juga pelestarian kebudayaan Indonesia yang tetap bertahan dan terjaga.


Sumber:

pikiran-rakyat.com

bintang.com

Info Lanjut:

PDBI – Jawa Barat

Previous post

Maranggap, Solidaritas untuk Wanita yang Baru Melahirkan di Batak Toba

Next post

Mengenal Tarian Tua Reta Lo’u

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.