#KodeNusantaraBerita

Open Recruitment Sobat Budaya Jakarta

Budaya adalah warisan, identitas, panduan hidup, hiburan, kebanggaan, dan sumber kehidupan. Indonesia terdiri atas 1.200 suku bangsa dan berbicara 726 bahasa. Masing-masing suku bangsa tersebut memiliki budayanya masing-masing. Jumlah kekayaan budaya Indonesia tidak terhitung jumlahnya, ratusan ribu, jutaan, atau bahkan puluhan juta.
Sayangnya, kekayaan budaya Indonesia tersebut, tidak terdokumentasikan dengan baik. Karena budaya nenek moyang kita adalah budaya tutur, berbeda dengan bangsa Barat yang mendokumentasikan kebudayaannya dengan rapi.

Karena kurangnya pendokumentasian budaya Indonesia, menyebabkan kasus kepunahan dan klaim budaya Indonesia oleh Asing. Sejak tahun 2000, telah terjadi 32 kasus klaim budaya Indonesia oleh pihak asing.

Berangkat dari realita tersebut maka tercetuslah Gerakan Sejuta Data Budaya (GSDB) yang berupaya melakukan pendokumentasian data budaya tradisi Indonesia ke Perpustakaan Digital Budaya Indonesia (PDBI). Untuk melakukan aktivitas pendataan budaya dan mengkampanyekan GSDB maka terbentuklah Komunitas Sobat Budaya. Kami mengajak kamu semua, para pemuda Indonesia untuk menjadi bagian pelestarian budaya tradisi Indonesia bersama kami.

Dengan lengkapnya data budaya Indonesia diharapkan dapat dijadikan sebagai alat untuk perlindungan hukum, perlindungan dari kepunahan, ensiklopedia budaya Indonesia, sumber data penelitian, dan sumber ekonomi kreatif.

Yuk gabung bersama kami dalam melestarikan budaya Indonesia dengan cara kekinian!

Daftar di bit.ly/daftar-sbjakarta
Info lebih lanjut hubungi:
Deni 081510665625

Previous post

Menolak Amarah dengan Menari

Next post

Perkaya Pengalamanmu Tentang Rendang di Festival Ini

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.