#KodeNusantara#NusaKulinerBlogPiknik

Jengkol Tahi Lala, Kudapan Khas Banjar Yang Unik

Di Kalimantan Selatan dan Kalimantan Timur, jengkol tidak hanya jadi bahan makanan pendamping nasi namun juga dijadikan kudapan yang menggugah selera namanya jengkol tahi lala. Jengkol tahi lala merupakan masakan tradisional khas Banjar yang cukup populer di Samarinda dan Banjarmasin.

Jangan khawatir dengan bau jengkol yang dikenal menyengat karena dalam proses pembuatannya jengkol direbus 3 jam untuk mendapatkan tekstur empuk jengkol, kemudian dilakukan penyortiran untuk memilih jengkol yang empuk dan enak untuk dimakan. Kemudian direbus kembali selama 3 jam untuk menghilangkan bau pada jengkol. Biasanya jengkol yang sudah direbus dan digeprek tadi dimakan bersama tahi lala, tahi lala adalah saus santan khas banjar.

Di Banjarmasin kalian bisa menemukan makanan ini di daerah Pasar Apung, sedangkan di Samarinda kawasan yang sering menjual kudapan jengkol ini di Jalan Antasari. Sempatkanlah mencoba makanan ini jika kalian sedang mampir ke Samarinda atau Banjarmasin, harga makanan ini berkisar 1000 sampai 20000 rupiah.

 

 

 


Info lebih lanjut

Jengkol

Jengkol Tahi Lala

Previous post

Sate-Sate Anti Mainstream di Sulawesi

Next post

Malam Tai Kambing, Tradisi Pernikahan Masyarakat Manado

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.