Berita

Tarian Sasak Oncer “Lombok”

Tari Sasak Oncer merupakan tarian yang berasal dari suku sasar-Lombok. Kata oncer berasal dari kata “ngoncer” yang berarti berenang, karna tarian ini diambil dari gerakan ikan seat yang sedang berenang. Tarian ini terdiri dari tiga kelompok, pembawa kenceng atau biasa yang disebut penari kenceng, pembawa gendang yang disebut penari dendang dan penari petuk.

Pada tari Sasak Oncer gendang yang digunakan diberinama gendang Beleq, pada zaman dahulu gendang ini digunakan untuk peperangan oleh raja lombok. Tarian sasak oncer memiliki beberapa gerakan, gerakan pertama dimulai dengan melangkah yang menggambarlan keberangkatan dimedang perang. Gerakan kedua dinamakan gerak bukaq jebak yang memiliki arti membuka pintu. Gerakan ketiga dinamakan kadal nengos yang artinya kadang yang menengok, terakhir dgerakan rebek taping yang diperagakan gerak bambu yang setengah tumbang.

Tari Sasak Oncer dapat dilakukan oleh laki-laki atau perempuan. Alat musik yang digunakan untuk memeriahkan tarian ini adalah gendang beleq, gong, suling, ceng-ceng, reong dan gendang kecil.  Tari Sasak Oncer biasanya digunakan sebagai tarian penyambut wisatawan yang datang, dan sebagai pengenalan kebudayaan yang berasal dari Lombok.


Sumber :

lombok.paduanwisata

NusaTenggaraBarat

Artikel Sebelumnya

Makna Dibalik Lagu ''Lingsir Wengi''

Artikel Selanjutnya

Kalibiru ; Pesona Pemandangan Jogja dari Ketinggian yang Menawan

Tidak Ada Komentar

Tinggalkan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.