#KodeNusantara

6 Makanan Oleh – Oleh Khas Majalengka

Majalengka merupakan salah satu daerah yang berada di Jawa Barat, daerah ini cukup dikenal oleh banyak orang. Dengan adanya bandar udara internasional Jawa Barat yang sedang dibangun, diharapkan daerah ini akan semakin dikenal di kalangan masyarakat. Berbicara tentang Majalengka, daerah ini mempunyai makanan khasnya yang tidak banyak orang mengetahuinya. Berikut adalah oleh – oleh khas Majalengka :

  1. Jalakotek

Image result for makanan jalakotek

Jalakotek merupakan camilan khas Majalengka berbahan dasar aci dan tahu yang sudah dibumbui. Makanan ini mirip dengan kue pastel dan paling nikmat disantap jika masih keadaan hangat, ditemani dengan minuman es teh manis. Bagaimana penasaran kan dengan uniknya nama makanan tersebut dan rasanya?

2. Mangga Gedong Gincu

Related image

Mangga gedong gincu ini sudah cukup terkenal di kalangan masyarakat. Dengan rasanya yang manis segar dan bentuk serta warnanya yang menggemaskan, mangga gedong gincu ini telah menjadi industri di Kabupaten Majalengka. Mangga gedong gincu merupakan salah satu ikon Majalengka selain kecap. Buah ini juga sudah diekspor ke berbagai negara seperti Arab Saudi, Jepang, Korea dan lain sebagainya. Tidak sulit untuk menemukan penjual mangga gedong gincu. Di Majalengka anda bisa mendapatkan di pinggir jalan karena cukup banyak penjualnya.

3. Oncom Goreng

Related image

Oncom goreng khas Majalengka berbeda dengan oncom goreng yang dijual di Bandung. Apabila oncom goreng Bandung bentuknya besar dan dilapisi dengan terigu, sementara yang di Majalengka bentuknya kecil – kecil dan memakai bumbu serta bawang goreng. Oncom goreng ini enak dinikmati sebagai pendamping mie ayam atau bakso. Cukup mudah untuk menemukan oncom goreng ini karena dijual di pasar tradisional maupun toko oleh – oleh.

4. Kecap Majalengka

Image result for kecap majalengka

Kecap Majalengka ini sudah cukup terkenal di kalangan masyarakat. Selain rasanya yang manis dan gurih, daerah tersebut juga menjadikannya sebagai ikon selain mangga gedong gincu. Dengan banyaknya berbagai merek, kecap ini cukup melegenda hingga saat ini. Kecap majalengka bisa di temukan di pasar tradisional di daerahnya dan juga di toko oleh – oleh.

5. Ampas Kecap

Image result for ampas kecap

Makanan ini terbuat dari sisa kacang kedelai sisa hasil pemrosesan pembuatan kecap. Warnanya hitam dan rasanya gurih, makanan ini nikmat dikonsumsi pada siang hari. Banyak warung makan sunda yang menyediakan lauk ampas kecap ini, karena makanan ini merupakan salah satu makanan yang favorit.

6. Gula Cakar

Related image

Gula cakar pada umumnya sama dengan gula lainnya. Perbedaannya gula cakar ini berbentuk kotak yang ukurannya cukup besar dan berwarna pink. Gula ini biasa dihidangkan untuk minuman kopi dan teh. Gula cakar terbuat dari gula pasir yang dicampur dengan soda agar dapat mengembang.

Itulah 6 oleh – oleh makanan yang unik khas Majalengka yang dapat anda coba bila mengunjungi daerah tersebut.

Previous post

Daerah Penghasil Batik Terbesar di Pulau Jawa

Next post

Batik Papua, Bentuk Keanekaragaman Batik di Indonesia

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.