#KodeNusantaraBeritaBlog

Kopi Talua

Sumatera Barat merupakan daerah asal dari berbagai macam hidangan lezat yang populer dengan cita rasa rempah yang kuat dan mampu menggugah selera. Daerah ini juga di kenal sebagai salah satu daerah yang masih mempertahankan kekhasan racikan kuliner tradisionalnya. Selain itu, Bumi Minangkabau juga memiliki beberapa jenis minuman khas yang layak untuk dicoba. Salah satu diantaranya adalah kopi telur atau dikenal dengan sebutan kopi talua oleh masyarakat Minang.

Apakah Kopi Talua itu?

Kopi talua merupakan salah satu jenis racikan kopi nusantara, dimana kopi talua berbalur buih yang lembut dengan paduan citarasa manis-gurih yang khas. Perpaduan kopi dan telur ini menjadi suguhan menggoda sebagai teman bersantai menikmati waktu senggang maupun dapat dinikmati saat berbincang-bincang bersama rekan maupun keluarga.

Bagaimanakah cara pembuatan Kopi Talua?

Proses pencampuran telur dengan susu dan bubuk kayu manis – indonesiakaya.com

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Seperti juga teh talua, jenis minuman khas lainnya dari Sumatera Barat, sajian ini menggunakan kuning telur sebagai komponen utama racikannya. Meskipun sama-sama menggunakan kuning telur, ada beberapa hal berbeda dalam teknik peracikan kopi talua jika dibandingkan dengan teh talua. Perbedaan tersebut diantaranya ada pada tahap pengocokan telur. Pada kopi talua, kuning telur yang telah terpisah dari putihnya dimasukkan dalam gelas berisi susu kental manis dan ditambahkan satu sendok teh bubuk kayu manis.

Proses pengkocokan telur dan penambahan bubuk kopi –  indonesiakaya.com

 

 

 

 

 

 

 

Campuran ini kemudian dikocok hingga merata, lalu ditambahkan air panas sebagai seduhan kopi. Air seduhan kopi berfungsi untuk mematangkan telur saat pengocokan berlangsung. Proses ini menciptakan tekstur buih yang lembut pada minuman ini.

 

 

Apakah khasiat dari Kopi Talua?

Sajian kopi telur tradisional ini dipercaya memiliki banyak sekali khasiat bagi kesehatan peminumnya. Salah satunya adalah menambah tenaga dan meningkatkan vitalitas bagi para kaum pria. Setidaknya, itulah mitos yang berkembang di tengah masyarakat Minangkabau, khususnya dari para pedagang dan penikmat minuman kopi talua ini. Meskipun belum ada pembuktian ilmiah yang menguji khasiatnya secara langsung, tetapi komponen yang terkandung di dalam kopi talua memang dapat dikatakan menyehatkan.

Hal ini terlihat dari kandungan vitamin dan asam amino dari kuning telur yang relatif tinggi. Beberapa zat tersebut diantaranya seperti kolin, vitamin E, vitamin A, vitamin K2, omega-3, vitamin D dan beta karoten merupakan komponen nutrisi lain yang terkandung dalam minuman ini.

Selain itu, kandungan vitamin E dalam kuning telur yang bersifat antioksidan sangat bermanfaat untuk menangkal radikal bebas. Tidak salah jika para penikmatnya merasa lebih bugar setelah meminum kopi talua ini.

Bagaimana, tertarik untuk mencobanya, jika kebetulan Anda sedang berkunjung ke Sumatera Barat, tidak ada salahnya untuk mencicipi minuman khas yang satu ini.


Sumber:

Indonesia Kaya

Info lebih lanjut:

Sumatera Barat

Minangkabau

Kopi Talua

Artikel Sebelumnya

Sensasi Pahit Kopi Berpadu Manis Durian

Artikel Selanjutnya

Di Balik Nama Kota "NGAWI"

Tidak Ada Komentar

Tinggalkan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.