Berita

3 MAKANAN YANG WAJIB DI COBA DI BANGKA BELITUNG

Bangka Belitung adalah nama salah satu Provinsi yang terbilang baru di Indonesia. Bangka Belitung  mempunyai dua pulau utama, yaitu Pulau Bangka dan Belitung di sekeliling kedua pulau tersebut terdapat pulau-pulau kecil lainnya. Bangka Belitung di Indonesia terkenal dengan penghasil timah dan keindahan alamnya.

Terdapat banyak tempat-tempat wisata alam yang indah di Bangka Belitung seperti pantai dengan hamparan pasir putih dan laut biru toskanya yang menawan. Bangka Belitung mempunyai jumlah Pulau sekitar 470 pulau, namun hanya 50 pulau saja yang berpenghuni. Provinsi ini, juga pernah dijadiakan tempat syuting salah satu judul film fenomenal tanah air yaitu Laskar Pelangi.

Semakin populernya pulau Bangka Belitung membuat banyak orang-orang yang penasaran tentang makanan khas dari Bangka Belitung. Berikut adalah 9 Makanan yang wajib di coba saat berkunjung ke Bangka Belitung;

  1. Pantiaw

Pantiaw Bangka Belitung

Makanan pertama yang wajib untuk dicoba ketika berkunjung ke pulau Bangka Belitung adalah pantiaw. Pantiaw juga di kenal dengan nama kwetiaw di beberapa daerah di Indonesia. Pantiaw merupakan adalah makanan khas Bangka Belitung yang biasa disajikan berkuah (Sui Pantiaw) maupun kering (Jam Pantiaw). Perbedaan pantiaw dengan kwetiaw lain di Indonesia terletak pada bahan utama mi, dimana patiaw Bangka Belitung menggunakan tepung beras yang di dapatkan dari penggilingan beras secara langsung sehingga di dapatkan mi yang lebih halus dan empuk. Untuk bahan lainnya kurang-lebih hampir mirip dengan kwetiaw pada umumnya. Pantiaw berisikan suiran daging (ayam/ikan/babi), lalau dicampur dengan bawang, seledri, dan bumbu-bumbu lainnya yang tentu sangat enak untuk di santap saat jam makan siang. Rasa yang dihasilkan dari campuran bumbu-bumbu ini adalah pedas, manis, dan gurih.

2. Lempah/ Gangan

Lempah/ Gangnan

Lempah di Bangka dan Gangan di Belitung merupakan makanan yang sama namun beda penyebutan. Makanan ini merupakan  salah satu makanan khas Bangka Belitung yang berbahan daging ikan, namun juga bisa menggunakan aneka daging lain seperti sapi, kambing, maupun ayam.

Masyarakat Bangka Belitung umumnya menghidangkan lempah dengan berbagai macam jenis dan bahan yang digunakan. Ada yang namanya lempah/ gangan kuning, diberi nama lempah kuning karena lempah ini berbahan dasar nanas dan kunyit sebagai pemberi warna alami pada makanan ini.

Ada juga variasi lain dari masakan ini bernama lempah/ gangan darat, dimana semua bahannya tidak menggunakan daging sebagai bahan utama  namun menggunakan sayuran seperti berbagai macam jenis kacang (kacang kedelai/ buncis), jantung pisang, batang talas, dan bahan-bahan lainnya. Satu lagi yang biasanya hanya terdapat di pualu Bangka yaitu lempah kulat, yaitu lempah yang berbahan dasar jamur.

3. Rusip

Rusip

Rusip adalah salah satu kuliner khas Bangka Belitung lainnya yang wajib untuk dicoba. Makanan ini mempunyai keunikan rasa, namanya memang jarang terdengar tapi jika kita berkunjung ke Bangka Belitung masyarakat di sana sudah tidak asing lagi dengan makanan yang satu ini.

Rusip adalah makanan fermentasi yang terbuat dari ikan mentah. Untuk pembuatan makanan yang satu ini biasanya menggunakann  ikan teri atau yang lebih dikenal dengan nama ikan bilis oleh masyarakat sekitar. Proses pembuatan rusip dapat tergolong mudah, yaitu dengan memasukan ikan yang sudah dibersihkan ke dalam botol plastik bersama dengan bahan-bahan lainya seperti garam dan gula jawa, lalu tutup rapat dan tunggu hingga kurang-lebih satu pekan hingga ikan benar-benar terfermentasi dengan baik, lalu siap untuk dimakan. Ada yang mengatakan bahwa kuliner yang satu ini adalah kulinar gabungan antara budaya Bangka Belitung dan budaya Jawa karena rusip bukan hanya menggunakan bahan yang berasal dari Bangka Belitung tapi juga ada campuran bahan dari pulau Jawa yaitu, gula jawa.

Tertarik mencoba?

Sumber: wikipedia.org


Bangka Belitung

Pantiaw

Lempah/Gangan

Rusip

Previous post

Siti Kewe; Mantra Kopi ala Gayo, Aceh

Next post

3 Kuliner Indonesia Termahal Di Dunia

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.