BeritaEvent

Festival Budaya Sambut Lailatul Qadar

infobudaya.net – festival ela-ela adalah festival budaya khusus bagi orang-orang muslim ternate dalam menyambut malam lailatul qadar yang akan diselenggarakan pada tanggal 13 Juli tepatnya malam 27 Ramadhan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Ternate Maluku Utara. Dalam festival tersebut akan disuguhkan kekhasan tradisi yang ada dalam Islam. “umat Islam di Ternate sejak ratusan tahun silam memiliki tradisi dalam setiap menyambut malam Lailatul Qadar yang disebut ela-ela” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Ternate Anas Conoras. Anas mengungkapkan, pada festival ela-ela yang telah menjadi kegiatan rutin Pemkot Ternate tersebut akan diawali dengan pembacaan doa di Kedaton Kesultanan Ternate.

Kegiatan selanjutnya adalah dalam festival ela-ela tersebut juga akan digelar pembakaran obor oleh wakil dari Kesultanan Ternate dan Pemkot Ternate. Kemudian diikuti seluruh masyarakat, baik yang ada di lingkungan Kedaton Kesultanan maupun di seluruh wilayah Ternate. kebiasan warga sekitar saat festival ela-ela berlangsung adalah seluruh warga di Ternate memasang obor di halaman rumah sampai pagi, ada pula warga yang sekaligus membakar damar sehingga hampir seluruh wilayah Ternate tercium aroma harum bau damar. karena sesuai keyakinan yang diwariskan sejak ratusan tahun silam.

Menurut kepercayaan umat islam disana, kata dia, pada malam itu para malaikat turun dari langit dan untuk itu masyarakat menyambutnya dengan cara menerangi kampung menggunakan obor. Pemkot Ternate juga akan menggelar lomba ela-ela antar-kelurahan dengan penilaian dititikberatkan pada kesemarakan obor dan lampion serta partisipasi masyarakat.

 

Sumber

tribunnews.com


Lebih jauh tentang

Artikel Sebelumnya

Laksan, Makanan Penggugah Selera

Artikel Selanjutnya

Mepasah, Tradisi Pemakaman nan Unik di Bali

Tidak Ada Komentar

Tinggalkan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.