Berita

Sepuluh Festival Budaya Paling Unik di Indonesia

Budaya adalah kebiasaan yang ada dalam masyarakat dan mengandung nilai-nilai yang diwariskan dari generasi ke generasi. Indonesia memiliki beragam budaya dengan beragam nilai yang harus dijaga agar tidak luntur atau hilang. Sehingga nilai yang terkandung di dalamnya dapat dipelajari atau dilestarikan oleh generasi penerus.

Keberagaman budaya di Indonesia seringkali menampilkan atraksi-atraksi yang unik. Dari Sabang sampai Merauke kita akan menyaksikan festival budaya yang unik untuk dinikmati. Festival Lompat Batu di Nias adalah olahraga tradisional yang sebelumnya merupakan bagian dari ritual pendewasaan Suku Nias. Dengan dapat melompati batu setinggi lebih dari 2 meter maka pemuda Nias akan menjadi lelaki dewasa dan dapat bergabung menjadi prajurit untuk berperang dan diperbolehkan untuk menikah.

Selain Festival Lompat Batu, Beberapa wilayah di Indonesia juga memiliki festival yang unik seperti Festival Karapan Sapi di Madura, Festival Lembah Baliem di Papua, Festival Pacu Jawi di Sumatera Barat, Festival Pacuan Kuda Tradisional di Tanah Gayo, Festival Bakar Tongkang di Sumatera Utara, Festival Teluk Jailolo di Maluku Utara, Festival Rambu Solo di Tana Toraja, Festival Pasola di Sumba Timur, dan Festival Danau Toba di Sumatera Utara adalah beberapa dari sekian banyak festival budaya unik yang tersebar di Kepulauan Indonesia.

Sumber:

viva.co.id


Lebih lanjut tentang:

 

Artikel Sebelumnya

Tradisi Khas Anak-Anak Indonesia

Artikel Selanjutnya

Daluang, Kertas Jawa Warisan Budaya

Tidak Ada Komentar

Tinggalkan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.