BeritaEvent

Kejora dari Sundari Sukotjo untuk Musik Keroncong

Musik keroncong kini seolah surut ditelan jaman. Sundari Sukotjo sebagai penyanyi keroncong senior mencoba membangkitkan kembali dengan menggelar Keroncong Juara Nusantara (Kejora) pada tangga 7 hingga 12 April mendatang. Banyaknya penyanyi terkemuka dari berbagai genre musik yang akan tampil akan berkolaborasi dengan Sundari Sukotjo. Kolaborasi ini akan memadukan lagu-lagu yang dimiliki oleh penyanyi tersebut dalam versi keroncong.

Sundari Sukotjo berharap acara yang akan digelar bulan April dapat menumbuhkan minat generasi muda dalam melestarikan budaya Indonesia dalam hal ini musik keroncong. Upaya ini dilakukan selain dengan menggelar Kejora juga dengan mendirikan Yayasan Keroncong Indonesia (Yakin) pada tahun lalu.

Lahirnya musik keroncong memiliki 2 versi. Versi pertama berasal dari orang-orang portugis yang datang ke Nusantara. Versi yang lain membantah bahwa musik keroncong berasal dari portugis melainkan lahir dan berkembang di Indonesia. Sehingga upaya melestarikan musik keroncong dapat dianggap sebagai upaya melestarikan budaya Indonesia.

Sumber:

metrotvnews.com


Lebih lanjut tentang:

 

Artikel Sebelumnya

Nasi Kerucut, Suguhan Utama di Acara-acara Adat

Artikel Selanjutnya

Kirab Budaya Meriahkan Hari Raya Nyepi

Tidak Ada Komentar

Tinggalkan komentar

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.