#KodeNusantaraBlog

SEPAK BOLA ANTI MAINSTREAM ALA INDONESIA

Kemarin (10/12) menurutmu bagaimana penampilan tim nasional (timnas) sepak bola putra Indonesia pada laga final sepak bola Sea Games 2019? Kita harus mengakui kehebatan timnas Vietnam yang berhasil menundukkan perlawanan timnas Indonesia dengan skor 3 – 0 tanpa balas. Tim asuhan Indra Sjahfi harus puas mendapatkan medali perak pada cabang olahraga sepak bola di Sea Games 2019.

Kalian pasti merasa geregetan saat menyaksikan jalannya pertandingan tersebut dan seakan ingin dapat bermain lalu mencetak gol. Tapi tidak semudah itu ferguso, tim nasional diisi oleh talenta-talenta muda berbakat dan telah melalui banyak seleksi. Jadi tidak sembarang orang dong bisa masuk ke timnas sepak bola.

Nah, kalian salurkan rasa geregetan kalian ke permainan tradisional yang satu ini. Permainan yang tidak kalah menguji kemampuan olah bola sekaligus memacu adrenalin pemain. Kalian perlu mencoba permainan Sepak Bola Api.

Berbeda dengan sepak bola modern yang menggunakan bola dengan teknologi yang canggih, Sepak Bola Api cukup menggunakan bola yang terbuat dari kelapa yang dijemur sampai mengering. Kelapa yang sudah kering kemudian direndam ke dalam minyak tanah beberapa hari agar ketika bola api dimainkan, apinya tidak mudah mati. Kumpulkan semua teman bermain kalian, lalu bakar kelapa kering yang telah direndam minyak tanah tersebut. Dan bola api telah siap untuk dimainkan.

Cara memainkannya pun sama seperti bermain sepak bola pada umumnya. Namun, apabila jumlah orangnya sedikit, bola api cukup dimainkan dengan cara diumpan-umpan saja. Tidak dibatasi waktu juga lho dalam bermain sepak bola api ini.

Permainan sepak bola api ini banyak dimainkan oleh para santri setelah melakukan ibadah sholat Tarawih di bulan puasa. Mereka memainkan bola tanpa menggunakan alas kaki seperti sepatu, tetapi hal tersebut tidak membuat kaki terluka. Sebab sebelum mereka bermain terlebih dahulu diberi ilmu atau sejenis ritual agar kaki tidak terluka bakar saat menendang bola api.

Namun, banyak juga yang bermain sepak bola api tanpa persiapan khusus. Artinya mereka yang bermain harus memiliki kepercayaan dan mental yang kuat untuk berani menggiring lalu menendang bola apinya. Perlu diingat dalam memainkan bola api tidak menyundul bola karena berisiko rambut dapat terbakar sehingga membuat kepala terluka bakar.

Para pemain membakar bola yang dibuat dari gulungan kain yang direndam minyak sebelum digunakan untuk bermain. (sumber: Liputan6.com)
Para pemain membakar bola yang dibuat dari gulungan kain yang direndam minyak sebelum digunakan untuk bermain. (sumber: Liputan6.com)

Permainan sepak bola api dapat dimainkan oleh siapa saja, baik laki-laki maupun perempuan. Karena permainan tradisional ini berbahaya, maka ketika anak-anak bermain perlu didampingi oleh orang dewasa.

Sepak Bola Api ini tidak kalah seru dan menarik dari sepak bola modern yang sering kita tonton di layar kaca. Suasana dalam bermain pun lebih menyenangkan melihat kebersamaan dan kekompakkan satu sama lain. Meski begitu perlu berhati-hati dalam memainkannya agar tidak terjadi kecelakaan.


Data diolah dari berbagai sumber.

Data Terkait:

PDBI – Sepak Bola Api

Previous post

Mengenal Tradisi "Berbagi" di Bali

Next post

Mulai Dari Tumbuhan Sampai Jin, Inilah Pengobatan Tradisional Khas Tidung

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.