#KodeNusantaraBlog

Yuk Kenali Pakaian Khas Nusa Tenggara Timur!

Nusa Tenggara Timur merupakan salah satu provinsi yang terdiri dari pulau-pulau dan memiliki berbagai jenis suku bangsa. Oleh sebab itu, Nusa Tenggara Timur memiliki berbagai macam budaya, salah satunya adalah pakaian adatnya.

Baju Adat NTT

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, provinsi NTT memiliki beberapa suku. Seperti suku Sabu, suku Rote, suku Helong, suku Dawan, suku Sumba, suku Manggarai dan suku Lio. Dari ketujuh ini memiliki baju adatnya sendiri, namun kali ini kami hanya memaparkan 4 baju adat NTT saja, berikut penjelasannya:

  1. Baju Adat Suku Rote
Description: baju adat ntt

Baju adat dari Suku Rote adalah perwakilan dari baju adat NTT yang sudah dikenal diseluruh Indonesia. Pakaian ini dipilih karena keunikan desain serta nilai sejarahnya. Contoh dari keunikan baju adat NTT bisa dilihat dari Ti’i langga.

Ti’i langga merupakan topi yang memiliki bentuk seperti topi khas meksiko sombrero, topi ini terbuat dari bahan daun lontar kering. Topi pada baju adat NTT juga memiliki fungsi sebagai simbol percaya diri serta wibawa jika dipakai oleh laki-laki suku Rote.

2. Pakaian Adat Suku Sabu

Description: baju adat ntt

Baju adat NTT khas suku sabu untuk pria adalah kemeja putih dengan lengan  panjang, selendang dan bawahan. Selendang yang digunakan adalah sarung tenun yang diselempangkan pada bagian bahu. Selain itu, masih ada ikat kepala yang terbuat dari emas kalung mutisalak, sabuk berkantong, dan perhiasan kalung dan leher.

Sedangkan untuk baju adat NTT suku sabu khusus wanita berupa kebaya dan kain tenun. Kain tenun atau pending ini merupakan sarung yang diikat dipinggang.

3. Pakaian Adat Suku Helong

Description: baju adat ntt

Baju adat NTT yang dimiliki suku Helong terdiri dari dua jenis. Yang pertama baju adat khusus laki-laki berupa selimut besar yang diikat pada bagian pinggang untuk bawahan, baju bodo atau kemeja, destar untuk ikat kepala dan habas atau kalung.

Sedangkan pakaian adat NTT suku Helong khusus perempuan berupa kebaya, kemben, perhiasan kepala berbentuk bulan sabit. Ada juga aksesoris tambahan berupa ikat pinggan emas, sarung, giwang atau karabu dan kalung berbentuk  bulan.

4. Baju Adat NTT Suku Dawan

Description: Suku Dawan Pakaian adat

Baju adat NTT yang dimiliki oleh suku Dawan bernama baju amarasi. Baju adat amarasi khusus pria terdiri dari selimut kain tenun ikat dan baju bodo. Selain itu, ada juga beberapa aksesoris seperti kalung, ikat kepala dengan hiasan mutiara, gelang timor dan muti salak.

Description: https://magdalenasapay.files.wordpress.com/2017/08/pakaian-adat-ntt-suku-dawan.jpg?w=1140

Sedangkan baju adat NTT suku dawan khusus perempuan terdiri dari sarung tenun, selendang, dan kebaya. Sebagai tambahan biasanya baju ini dihiasi kalung muti salak, tusuk konde, gelang dikepala, dan juga sisir emas.

Itulah penjelasan mengenai 4 jenis baju adat NTT dari berbagai macam suku yang berbeda. Semoga menambah wawasan dan kecintaan akan budaya Pakaian adat Indonesia, terima kasih.


Sumber:

Pakaian Adat NTT Suku Dawan

Website – Pakaian Adat NTT

Info Lanjut:

PDBI – Pakaian Adat NTT

Artikel Sebelumnya

Keunikan Baju Cele, Pakaian Adat Maluku

Artikel Selanjutnya

Di Minangkabau, Buru Babi Menjadi Tradisi

Tidak Ada Komentar

Tinggalkan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.