#KodeNusantaraBlog

Jaipong Tarian Khas dari Jawa Barat

Jaipong adalah salah satu jenis tarian Tradisional khas masyarakat Sunda Karawang, Jawa Barat. Jaipong merupakan gabungan antara seni tradisi Karawang seperti pencak silat, topeng banjet, wayang golek, ketuk tili dan lain-lain. Tahun 1976, Jaipong tumbuh pesat dimulai dengan adanya rekaman instrumen sederhana yang terdiri dari gendang, goong, ketuk, sinden atau juruh kawih, jaipong mulai didistribusikan oleh  H. Suanda di wilayah Karawang. Jaipong pada saat ini menjadi hiburan alternatif dari seni tradisional yang berkembang di kawasan Karawang, seperti pencak silat, wayang golek dan sebagainya.

Tari Jaipong

Jaipong dikembangkan berdasarkan kesenian rakyat yang sudah berkembang sebelumnya seperti Ketuk Tilu. Ciri khas dari Tari Jaipong ini adalah musiknya yang menghentak, di mana alat musik kendang terdengar paling menonjol selama mengiringi tarian.

Jaipong yang pertama kali dikenal oleh masyarakat adalah tarian” Daun Pulus Keser Bojong” dan “Rendeng Bojong”. Tarian itu merupakan jenis tarian putri atau tarian berpasangan putra dan putri. Dengan munculnya tarian Jaipong banyak penyuka seni yang menyelenggarakan kursus tarian Jaipong tersebut. Tari Jaipong memiliki ciri khas seperti keceriaan, kesederhanaan, humoris dan semangat.

Saat ini Tari Jaipong biasa disebut dengan kesenian dari Jawa Barat, karena pada acara penting di Jawa Barat, tarian Jaipong ini ditampilkan untuk menghibur para tamu yang datang ke Jawa Barat.


Sumber:

Wikipedia

Info Lanjut:

PDBI – Tari Jaipong

Previous post

Berkenalan dengan masyarakat pedalaman Banyuwangi (Suku Osing)

Next post

Seren Taun di Desa Cigugur

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.