#KodeNusantaraBlog

Tari Lalayon: Tari Indah Penuh Cinta

Tari Lalayon adalah salah satu tarian tradisional yang berasal dari Maluku Utara. Tarian ini merupakan tari pergaulan yang berisikan pesan-pesan berbau romantis dan cinta. Karena tujuan utama tari ini untuk menyatakan perasaan, maka tarian wajib dibawakan secara berpasangan dan memiliki gerakan-gerakan yang elok nan indah di setiap gerakan tariannya. Lagu yang berirama Melayu juga menjadi elemen terpenting di dalam Tari Lalayon. Musik Melayu yang mengalun lembut sangat cocok mengiringi tarian dalam membentuk atmosfir romantis yang akan mendukung tersampaikannya pesan cinta.

Pada pementasan Tari Lalayon, beberapa pasang penari pria dan wanita akan secara berpasangan memasuki pelataran tari. Lalu para penari akan saling bertatapan dan bercuri pandang antara penari pria dan wanita seolah-olah mereka sedang dalam perasaan kasmaran. Kemudian penari pria mulai melakukan gerakan menggoda di hadapan penari wanita. Setelah itu para penari wanita akan membalas godaan tersebut dengan sebuah senyuman. Para penari tersebut secara berpasang-pasangan kemudian berputar seolah-olah saling berbalas cinta satu dengan lainnya. Perasaan sayang dan penuh perhatian sangat terasa di dalam setiap gerakan para penari ini. Setiap pasangan akan menunjukkan kehangatan yang begitu mendalam sebagai bentuk dari pesan cinta yang mereka miliki. Para penari mengenakan pakaian yang berwarna cerah sebagai penanda rasa bahagia mereka.

Tari Lalayon

Tari Lalayon ini biasanya dibawakan dalam acara-acara formal, seperti acara perayaan adat atau pesta pernikahan. Selain merupakan jenis tarian tradisional, Tari Lalayon juga populer di kalangan generasi muda di Maluku Utara. Mereka juga tidak malu dan bahkan sebaliknya sangat mendukung tarian ini, hal ini mungkin karena pesan-pesan cinta nan romantis yang terkandung di dalam tarian Lalayon ini yang sangat cocok bagi para kawula muda yang dimabuk cinta. Walaupun demikian, tarian ini tidak hanya bermakna hubungan kasih di antara muda-mudi saja. Tari Lalayon ini juga memiliki nilai filosofi sebagai sebuah ucapan rasa syukur atas berbagai anugerah yang telah Tuhan berikan. Energi positif tergambar jelas dari wajah para penari yang tampak berseri dengan senyuman yang menunjukkan kebahagian dan kegembiraan.


Sumber:

Indonesiakaya.com – Tari Lalayon yang Penuh Cinta Antar Dua Insan Manusia

kamerabudaya.com – Tari Lalayon Tarian Tradisional Dari Maluku Utara

Info Lanjut:

PDBI – Tari Lalayon

Artikel Sebelumnya

Mengenal Seunungkee Batee Masyarakat Aceh

Artikel Selanjutnya

Es Drop, Si Legendaris dari Blitar

Tidak Ada Komentar

Tinggalkan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.