#KodeNusantara#NusaKulinerBlog

Lada Katokkon, Si Pedas Banyak Manfaat

Orang Indonesia dikenal sangat menyukai pedas. Maka dari itu berbagai jenis cabai ada di sini. Di salah satu daerah di Provinsi Sulawesi Selatan memiliki cabai dengan nama Lada Katokkon, dan cabai ini dikenal memiliki tingkat kepedasan yang luar biasa. Tempatnya di Kabupaten Tana Toraja. Bentuknya seperti cabai Paprika tapi lebih kecil, gemuk bulat, berukuran sekitar 3 sampai 4 cm dengan ukuran penampangnya sekitar 2 sampai 3,5 cm. Cabai ini memiliki warna hijau keunguan saat masih muda dan warna merah cerah ketika sudah matang.

Masyarakat Tana Toraja biasa mengolah cabai ini untuk dicampur dengan kuliner khas mereka sebagai penguat rasa. Tanaman yang memiliki nama latin Capsicum annum L.var.sinensis ini biasa tumbuh di dataran tinggi Tana Toraja. Aroma Lada Katokkon sangat harum dan rasa pedasnya sudah setingkat dewa, walaupun rasanya sangat pedas cabai ini menjadi primadona di Tana Toraja. Saking pedasnya, Lada Katokkon menjadikan harganya pun sangat mahal di pasaran. Bagi masyarakat Tana Toraja belum pas rasanya jika makan tidak ditemani dengan cabai super pedas ini.

Lada Katokkon

Saat ini pembudidayaan Lada Katokkon menjadi sebuah bisinis yang menjajikan, karena harganya yang relatif stabil tidak seperti jenis cabai lainnya. Cabai ini juga menjadi salah satu cabai yang selalu dicari orang. Selain rasa pedas Lada Katokkon juga mengandung vitamin A dan C, yang bisa melindungi tubuh kita dari radikal bebas penyebab penyakit kanker. Ternyata cabai super pedas ini memiliki banyak khasiat jika dikonsumsi secara teratur. Beberapa khasiatnya yaitu:

  1. Menambah Nafsu Makan
  2. Obat Awet Muda karena bisa Memperlambat Penuaan
  3. Anti Stress
  4. Membantu Mengatasi Masalah Persendian
  5. Menurunkan Kolestrol
  6. Melancarkan Aliran Darah
  7. Mencegah Stroke
  8. Meredakan Batuk Berdahak
  9. Melegakan Hidung Tersumbat
  10. Meredakan Migrain

Siapa yang sangka di balik pedasnya cabai ternyata juga memiliki khasiat yang sangat besar bagi tubuh kita. Konon katanya cabai ini memiliki rasa pedas 10 kali dari cabai rawit. Menurut sebagian orang yang pernah mencoba cabai ini, ketika kita memakannya akan mengeluarkan keringat yang bercucuran dan membasahi seluruh wajah dan tubuh, mengeluarkan air mata, telinga akan menjadi merah, dan lidah terasa seperti terbakar. Nah.. bagi kalian penyuka cabai, adakah yang berani untuk mencobanya? Jika kalian pergi ke Tana Toraja jangan lupa untuk mampir ke toko oleh-oleh khas Tana Toraja, karena di toko oleh-oleh tersebut menjual berbagai macam olahan Lada Katokkon, seperti dendeng kerbau, sambal cair, saus sambal dan lain-lain.


Sumber:

Hariyantowijoyo – Lada Katokkon Cabai Super Hot Khas Toraja

Info Lanjut:

PDBI – Tana Toraja

Previous post

Mengenal Tarian Tua Reta Lo’u

Next post

Jangan Merusak Alam, Nanti Kena Bobeto!

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.