Berita

Pijat dan Ramuan Herbal Suwuk

Di tanah Jawa, tata cara pengobatan yang sering digunakan adalah praktik pengobatan dengan dukun. Di Pasuruan, Jawa Timur, masyarakatnya melakukan suwuk.

Suwuk merupakan pengobatan tradisional yang telah lama ada di Desa Jatiarjo, Kecamatan Prigen, Pasuruan. Masyarakat yang tinggal di daerah itu masih menggunakan pengobatan tradisional suwuk sebagai pilihan pengobatan. Dalam praktiknya, suwuk bisa disisipkan sebagai mantra dalam setiap pengobatan. Pengobatan suwuk dilakukan oleh dukun yang ciri-cirinya adalah menggunakan doa-doa atau bacaan-bacaan, air putih yang diisi rapalan doa-doa dan ramuan dari tumbuh-tumbuhan. Berbagai macam penyakit yang diderita oleh masyarakat pun dapat diobati melalui suwuk.

 

Penyebab penyakit masyarakat terdiri dari dua macam:

Penyakit sistem medis personalistik

Penyakit yang disebabkan oleh makhluk gaib, tukang tenung, maupun tukang sihir.

Penyakit sistem medis naturalistik

Penyakit yang disebabkan oleh ketidakseimbangan tubuh, seperti panas, dingin, cairan tubuh, dan sebagainya.

 

Pada dasarnya, dalam proses pengobatan tradisional suwuk ini, dukun akan melakukan proses yang terdiri dari dua tahap. Pertama, dukun akan mendiagnosa pasien terlebih dahulu. Kedua, penerapan metode pengobatan, yaitu metode pengobatan suwuk.

Pengobatan suwuk di Jatiarjo dilakukan dengan kombinasi teknik pengobatan lain seperti pijat dan pemberian ramuan herbal. Setelah diketahui penyakit yang diderita, pasien dapat disembuhkan melalui teknik pijat dengan menggunakan minyak whisik. Ada juga pasien yang diberi ramuan berbahan tumbuhan obat yang diracik dari dukun atau diracik sendiri.

 

 

Sumber:

Kompasiana


Info lebih lanjut:

Jawa Timur

 

Previous post

Pengobatan Menari dan Bermusik ala Suku Dayak

Next post

Pembollo dan Pejappi, Tradisi Masyarakat Adat Kaluppini Mengobati Penyakit

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.