#KodeNusantaraBerita

Pendataan Budaya Melindungi Kekayaan Intelektual Bangsa Indonesia

Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia dengan luas 1,904,569 km2. Indonesia menempati urutan penduduk terbanyak ke-4 di dunia pula. Dengan modal demografi ini para penduduk di Indonesia percaya bahwa Indonesia itu kaya. Tingkat diversitas kebudayaan Indonesia adalah yang tertinggi di dunia. Sayangnya, hal ini juga menjadikannya sangat rentan untuk mengalami kepunahan seandainya tidak ada mekanisme yang dapat mendukung dalam konservasi. Belum lagi masalah klaim budaya yang merupakan akibat dari minimnya proteksi terhadap elemen kebudayaan.

Proteksi dan konservasi tidak dapat dilaksanakan seandainya tidak ada informasi atau data tentang budaya. Maka dari itu, kita memerlukan suatu gerakan yang dapat mendukung digitalisasi data budaya yang dapat dilakukan secara masif oleh seluruh elemen rakyat Indonesia. Sejuta Data Budaya (SDB) adalah sebuah gerakan yang dilandasi kesadaran akan perlunya sebuah pendataan terhadap elemen kebudayaan yang ada di Indonesia. Situs www.budaya-indonesia.org diperuntukkan bagi dan menjadi milik seluruh masyarakat Indonesia sebagai media untuk menggali, mengapresiasi, dan menjaga ketahanan kebudayaan tradisional Indonesia secara tidak tradisional (preserving traditional culture untraditionally).

Data budaya ini dapat menjadi bukti atas kekayaan Indonesia, sehingga kekayaan Indonesia yang di bangga-banggakan bukan hanya sekedar isapan jempol semata namun memliki bukti otentik. Dengan kekuatan basis data budaya ini, kelak kita dapat mengembangkan berbagai inovasi maupun kreasi yang dapat bermanfaat untuk bangsa dan negara. Ekonomi kerakyatan pun dapat terbangun dengan adanya data budaya yang dapat menjadi sumber inspirasi rakyat dalam mengembangkan usaha di bidang apapun.

Mari kita dukung dan laksanakan pendataan budaya Indonesia bersama-sama untuk melindungi kekayaan intelektual bangsa Indonesia dengan berpartisipasi aktif di Budaya-Indonesia.org!

 

 

Sumber: Perpustakaan Digital Budaya Indonesia

 

Previous post

Budaya Tradisi Milik Siapa?

Next post

Mengenal Jenis Tari Bali di Momen Hari Tari Sedunia

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.