BeritaEvent

Festival Budaya Indonesia Menarik Perhatian Turis Asing

Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak ragam budaya yang mampu menarik perhatian turis lokal maupun mancanegara. Banyak turis yang ingin menyaksikan festival budaya yang dilaksanakan diberbagai daerah terutama turis asing yang sedang berkunjung ke indonesia. Berikut Festival budaya indonesia yang ditunggu oleh turis asing.

  1. Dieng Culture Festival (DCF)

Acara ini dilakukan setiap tahun yang menyajikan ritual ruwatan anak gimbal. Dieng Culture Festival atau DCF selalu Menarik perhatian wisatawan baik turis lokal maupun turis mancanegara. Acara utama yang dilaksanakan di festival tersebut adalah pencukuran rambut anak gimbal yang sudah menjadi tradisi warisan leluhur mereka. selain pencukuran rambut anak gimbal ada beberapa acara yang ditunggu seperti, jazz atas awan yang menampilkan penyanyi dari indonesia, nama jazz atas awan sendiri diambil dari pagelaran jazz yang diselenggarakan di panggung terbuka dan terletak di dataran tinggi Dieng, Melihat pemandangan matahari terbit, festival lampion dan lain-lain.

   

2.  Festival Lembah Baliem (Papua)

Lembah Baliem merupakan festival budaya yang diadakan di Papua, Banyak turis asing yang rela jauh-jauh datang untuk melihat Festival Lembah Baliem ini. Festival Lembah Baliem awalnya adalah perang antar suku dani, lani dan yali, Di festival itu kita bisa melihat simulasi perang yang dahulu dilakukan oleh suku dipapua. diselenggarakan setiap bulan Agustus dan biasanya bertepatan dengan perayaan Kemerdekaan Republik Indonesia.

3.  Festival danau kalimutu ( Nusa Tenggara Timur )

Festival Danau Kalimutu (FDK) merupakan perayaan ritual yang digelar dalam rangka menghormati arwah para leluhur.Festival ini diselenggarakan setiap bulan Agustus, acara ini banyak menampilkan kesenian dan kebudayaan lokal.

   

4. Festival Erau ( Kalimantan Timur )

Festival ini dikenal dengan Erau International Folkore and Art Festival (EIFAF), Festival Erau merupakan festival budaya dan pesta rakyat masyarakar Kutai Kutanegara. Festival ini merupakan bentuk rasa syukur atas kerajaan tertua di nusantara. Acara yang dilaksanakan saat festival tersebut seperti, kompetisi olahraga tradisional balap perahu naga, Balap perahu motor disungai Mahakam, Pameran seni dan Festival Kuliner.

 


Sumber :

bonvoyagejogja

Kompas

Fajar

Visitmyborneo

Calon Anak Daro
Previous post

Perempuan Minang Melepas Masa Lajang di Malam Bainai

Next post

Kisah Cinta dan Fakta di Balik Candi Prambanan yang Harus Kamu Tahu

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *