#KodeNusantaraBerita

Nama-nama Kuliner Unik di Sulawesi

Bisa kita sebut Indonesia adalah salah satu surga kuliner. Hingga saat ini telah tercatat lebih dari 8.000 resep kuliner dalam budaya-indonesia.org. Kemana pun kita menjelajah dari Sabang sampai Merauke kita akan menemukan beraneka ragam kuliner masing-masing daerah, dengan bahan dan rempah khas setiap daerah.

Tidak hanya rupa kuliner yang bermacam-macam, kuliner Indonesia pun memiliki nama-nama yang unik. Jika kita menyambangi wilayah Sulawesi, kita akan menjumpai kuliner dengan nama-nama unik ini:

Kasuami

Kuliner pertama, Kasuami! Ya, namanya unik ya, jangan bayangkan makanan ini adalah makanan untuk suami ya. Kasuami adalah makanan yang khas dan unik dari Buton, Pulau Muna dan Wakatobi (Sulawesi Tenggara). Panganan yang dibuat dari kaopi (ubi kayu /ketela pohon / ubi kayu) ini dikukus dan dibuat seperti tumpeng versi mini. Warnanya pun bisa kita pilih putih atau hitam. Bagi masyarakat Buton, kasuami ini layaknya nasi, sebagai makanan utama. Kita bisa menikmati kasuami dengan ikan bakar atau ikan berkuah dan sambal tomat.

 

Burasa

Burasa adalah salah satu panganan khas masyarakat Bugis dan makassar di Sulawesi Selatan. Panganan ini dikenal juga dengan nama lapat, lontong bersantan atau buras. Nama burasa juga dimaknai dengan beras ada rasa. Uni ya? Karena memang pangan olahan beras ini memiliki rasa yang gurih karena santan. Burasa menjadi kuliner yang wajib disuguhkan di hari lebaran.

 

 

 

Sop Kaledo

Setelah mencicip kasuami dan burasa, sekarng kita mencoba variasi menu Sop ya. Kenapa Sop Kaledo adalah nama kuliner yang unik? Karena, kaledo sendiri memiliki arti kaki lembu donggala. Alkisah, Sop Kaledo juga memiliki cerita yang berhubungan dengan peradaban suku Kaili, di Sulawesi Tengah. Dahulu, Kaledo merupakan sajian kehormatan oleh para raja-raja di Lembah Palu bagi para tamu kehormatan dari kaum bangsawan yang disebut dengan Toma Oge atau Toma Langgai atau Langga Nunu. Biasanya, mereka adalah para pembesar dari sub-sub kerajaan di lembah Palu.

 

 

Bagaimana, unik bukan? Kuliner mana yang sudah pernah kamu cicip? Atau mau mencoba wisata kuliner ini di Sulawesi?

Info lebih lanjut

Kasuami

Burasa

Kaledo

Previous post

Seren Taun 2017

Next post

Sate-Sate Anti Mainstream di Sulawesi

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.