#KodeNusantaraBeritaPiknik

Kesenian Tradisional khas Jawa Tengah

Indonesia dikenal memiliki kebudayaan yang beraneka ragam. Mulai dari berbagai kesenian, kerajinan tangan, serta hasil bumi nya. Dari Sabang sampai Merauke semua tidak lepas dari berbagai kebudayaan seperti di pulau Jawa. Pulau Jawa terkenal dengan berbagai macam kesenian tradisional sebagai kebudayaan yang ada. Kali ini infobudaya.net akan membahas kesenian tradisional khas Jawa Tengah. Ingin tau ada apa saja? Berikut Ulasannya!

1.) Tari Serimpi

Tari Serimpi merupakan tari l jawa klasik yang berasal dari Surakarta. Pada awalnya, tari Serimpi dibawa oleh Kesultanan Mataram yang selanjutnya dilestarikan oleh empat istana pewarisnya yakni di Jawa Tengah dan Yogyakarta. Tari Serimpi ini memiliki gerakan yang lemah gemulai karena tari Serimpi mencerminkan makna kesopanan, kelemah lembutan, dan kehalusan budi yang terlihat dari gestur gerakannya serta diiringi oleh merdunya suara gamelan.

2.) Kethoprak

Kethoprak merupakan salah satu kesenian khas dari Jawa Tengah. Sebagian orang berkata bahwa kethoprak semacam operanya masyarakat Jawa. Kethoprak apabila di Jakarta, semacam kegiatan lenong. Cerita yang dibawakan dalam kethoprak ini berdasakan dari cerita yang ada di kehidupan masyarakat sehari-hari.

Awal mula terbentuknya kesenian kethoprak ini adalah dari perjuangan masyarakat Jawa dimana pada zaman dahulu, masyarakat sangat susah untuk berkumpul tanpa dibubarkan paksa karena pada masa itu.

3.) Sendratari Ramayana

Sendratari Ramayana merupakan sebuah pertunjukan tari yang digabung dengan drama tanpa dialog. Kegiatan ini diselenggarakan pada bulan-bulan musim kemarau. Cerita yang disajikan dalam pertunjukan ini diangkat dari kisah Ramayana. Kisah cerita tentang perjalanan Rama dalam menyelamatkan istrinya yang bernama Sinta, dimana ia diculik oleh raja Negara Alengka yaitu Rahwana. Pertunjukan Sendratari Ramayana rutin dipentaskan sejak tahun 1961, sampai sekarang. Lokasi pertujukan kesenian ini adalah di dekat Candi Prambanan.

Nah itu dia adalah beberapa kesenian khas dari Jawa Tengah. Unik dan bagus bukan? Masih banyak lagi kesenian khas daerah yang harus kalian tahu. Maka dari itu, budayakan untuk mencari tahu serta melestarikan budaya yang sudah ada ya.

Sumber :

Wikipedia.org

Wikipedia.org

carajuki.com

Baca juga :

Jawa Tengah

Previous post

Tradisi Upacara Pemakaman di Indonesia

Next post

Degung alat musik tradisional bandung

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *