#KodeNusantaraBerita

7 Variasi Bubur yang Bisa Kamu Cicip di Sulawesi

Kamu suka wisata kuliner? Atau suka mencoba beragam variasi kuliner unik yang kamu temui? Bubur pasti jadi salah satu kuliner yang kerap kali kita jumpai. Mulai dari bubur ayam, bubur kacang hijau, bubur ketan item, atau pun bubur bloho yang familiar kita jumpai sehari-hari.

Kalau ke Sulawesi, kita akan menjumpai banyak varian bubur yang bisa kita cicip. Berikut rekomendasi tujuh variasi bubur yang bisa kita buru:

1. Bubur Barobbo
Barobbo merupakan makanan yang menyerupai bubur ayam, tapi terbuat dari jagung dan beberapa rempah tradisional khas Sulawesi. Jagung menjadi bahan utama pembuatan barobbo karena jagung adalah bahan pangan yang melimpah di wilayah Sulawesi. Barobbo ini sering dijumpai ketika masa panen jagung datang, terutama di daerah Sulawesi Selatan.

2. Tinutuan

Tinutuan, atau lebih kita kenal sebagai bubur Manado, merupakan bubur yang dicampur dengan berbagai macam sayuran, seperti jagung, daun bayam, daun kangkung, ubi jalar, labu kuning, daun melinjo serta daun kemangi, bubur ini juga tidak mengandung daging. Tinutuan ini biasa dijadikan sebagai makanan pergaulana antar kelompok masyarakat di Manado.

3. Bubur Bassang

Bassang adalah makanan sejenis bubur dengan bahan baku utama adalah jagung pulut (jagung ketan). Makanan ini cocok dijadikan sebagai menu sarapan atau cemilan pada sore hari dan sangat nikmat jika dimakan dalam kondisi masih panas atau hangat.

4. Bubur Jagung Ayam

Bubur jagung ayam adalah bubur khas kota Kendari, Sulawesi Tenggara. Bubur yang dibuat dari campuran jagung dan ayam sangat cocok untuk menu sarapan.

5. Bubur Jalo

Bubur jalo ini serupa dengan tinutuan, bubur manado, hanya saja penyajiannya disandingkan dengan ikan asin dan sambal.

6. Kavuvu

Jika kita sering menjumpai bubur kacang hijau di wilayah Pulau Jawa, kita akan menjumpai olahan bubur kacang hijau yang berbeda di kota Palu, Sulawesi Tengah, namanya kavuvu. Kavuvu adalah sejenis bubur manis yang diolah dari kacang hijau, ubi dan tepung sagu dan dipadukan dengan santan.

7. Solomonting

Solomonting adalah merupakan makanan khas masyarakat Binggai, Sulawesi Tengah. Makanan ini diolaenbu hingga menjadi bubur kental dan berwarna kuning.

Bagaimana? Mana menu bubur yang paling kamu suka?

Info lebih lanjut
Bubur
Kuliner

Previous post

Goa Harimau

Next post

Wadi, Tradisi Dayak Menjaga Asupan Gizi

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.