BeritaBlogPiknik

5 Danau Indah di Indonesia

Secara harfiah kata ‘Danau’ dapat di artikan sebagai sebuah cekungan besar di permukaan bumi yang tergenang oleh air, bisa tawar maupun asin yang seluruh cekungan tersebut dikelilingi oleh daratan. Jumlah air dari suatu danau biasanya sangat banyak sehingga dapat menggenangi suatu tempat yang cukup luas. Suatu danau dapat tercipta karena adanya pencairan gletser, aliran sungai, atau karena adanya sumber mata air alami. Biasanya danau dapat dipakai sebagai sarana olahraga atau  dijadikan sebuah tempat rekreasi. Nah berikut ini beberapa danau-danau indah yang ada di Indonesia, seperti:

1.Danau Labuan Cermin

Danau Labuan Cermin – Kalimantan Timur

Danau Labuan Cermin adalah sebuah danau air payau atau perpaduan air tawar dan air asin, disebut sebagai Danau Labuan Cermin karena air danau ini sangatlah jernih menyerupai cermin. Danau indah ini berlokasi di Desa Labuan Kelambu, Kecamatan Biduk-Biduk, Kalimantan Timur. Danau yang dapat ditempuh melalui perjalanan darat selama kurang lebih 6 sampai 7 jam dari Tanjung Redeb.

Jika mengunjungi danau ini, akan rugi rasanya jika tidak menikmati keindahan Danau Labuan Cermin secara langsung. Para pengunjung dapat berenang, snorkeling, ataupun menyelam untuk sekedar mengagumi keindahan bawah air yang di sugukan oleh Danau Labuan Cermin ini.

2. Danau Ranu Kumbolo

Ranu Kumbolo – Jawa Timur

Danau indah selanjutnya yang ada di Indonesia adalah Danau Ranu Kumbolo. Untuk menikmati keindahan Ranu Kumbolo anda harus siap untuk mendaki gunung terlebih dahulu, hal ini dikarenakan Danau Ranu Kumbolo yang terletak di kaki Gunung Semeru, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, di antara Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang, provinsi Jawa Timur. Oleh karena itu Ranu Kumbolo sering disebut-sebut sebagai surga yang tersembunyi, karena untuk melihat surga ini butuh perjuangan yang cukup berat.

Namun jangan khawatir, karena selama perjalanan menuju danau indah ini anda akan disuguhi pemandangan yang mengagumkan mulai dari jajaran hutan pinus dan cemara yang lebat di sepanjang pegunungan, hingga dapat melihat kepulan asap dari puncak Semeru. Pemandangan yang tidak boleh anda lewatkan ketika berada di sini adalah pemandangan matahari terbit yang muncul di sela-sela bukit hijau, dan saat malam hari Anda bisa menikmati indahnya gemerlap galaksi bimasakti di langit malam dengan mata telanjang.

3.  Danau Toba

Danau Toba – Sumatera Utara

Danau selanjutnya yang masuk di jajaran danau-danau terindah di Indonesia adalah Danau Toba. Selain menjadi salah satu danau terindah di Indonesia, Danau Toba juga merupakan danau terbesar di Indonesia. Danau ini mempunyai panjang 100 km dan lebar 30 km. Danau Toba yang berlokasi di Sumatera Utara ini terbentuk karena letusan gunung berapi purba yang sangat besar. Letusan ini menghasilkan kaldera yang kemudian terisi oleh genangan air. Di tengah-tengah danau yang mempunyai kedalaman 450 meter ini terdapat sebuah pulau yang bernama Pulau Samosir. Di Pulau Samosir ini juga memiliki dua buah danau, yaitu Danau Sidihoni dan Danau Aek Natonang. Keadaan alam yang sangat mengagumkan bukan?

4. Danau Segara Anak

Segara Anak – NTB

Danau Segara Anak merupakan sebuah danau yang berada kawah Gunung Rinjani, tepatnya berlokasi di Desa Sembalun Lawang, Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Nama Segara Anak diberikan karena airnya yang berwarna biru mengingatkan pada warna air laut. Karena keunikannya, danau ini dinobatkan sebagai salah satu danau terindah di Indonesia. Serupa dengan Danau Ranu Kumbolo, untuk mencapai danau satu ini anda harus melakukan pendakian Gunung Rinjani terlebih dahulu karena danau ini berada pada ketinggian 2.000m di atas permukaan air laut. Selain dapat menikmati keindahan danau, anda juga dapat berendam di sumber air panas sekitaran danau yang dipercaya dapat mengobati berbagai macam penyakit.

5. Danau Kelimutu

Kelimutu – NTB

Danau Kelimutu adalah sebuah danau kawah yang terletak di kawasan Taman Nasional Kelimutu, Flores, Nusa Tenggara Timur . Danau Kelimutu terdiri dari tiga danau yang terletak di puncak Gunung Kelimutu. Masing-masing danau ini memiliki warna air yang berbeda. Danau paling barat bernama Tiwu Ata Mbupu, danau di tengah bernama Tiwu Nuwa Muri Koo Fai, dan yang paling timur adalah Tiwu Ata Polo. Masing-maasing warna air yang terdapat dalam danau indah ini memiliki arti yang berbeda dan diyakini masyarakat setempat memiliki kekuatan gaib yang sangat kuat sehingga danau ini di sakralkan oleh masyarakat setempat. Danau ini sering diselimuti kabut, sehingga waktu terbaik untuk mengunjungi danau terindah di Indonesia ini adalah dini hari, sehingga Anda dapat menyaksikan pemandangan matahari terbit yang sangat memukau.

Itulah beberapa review tentang danau-danau indah yang ada di Indonesia, semoga bermanfaat.


Sumber:

anekatempatwisata.com

dagelan.co

anekatop10.com

Previous post

Wadi, Tradisi Dayak Menjaga Asupan Gizi

Next post

Seren Taun 2017

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.