Berita

Tari Buyung dalam Upacara Seren Taun

Tari merupakan karya seni yang mengutamakan keindahan gerak tubuh. Gerakan yang dilakukan harus mengikuti alunan musik yang sudah dibawakan oleh pengiring. Dalam artikel ini saya akan Membahas mengenai Tari Buyung yang ditarikan dalam Upacara Seren Taun Jawa Barat.

Seren Taun sendiri adalah upacara adat Sunda yang biasanya dilakukan setiap tahun, dilakukan setelah panen padi. Tradisi upacara Seren Taun ini  merupakan salah satu bentuk rasa syukur dari masyarakat Sunda atas hasil panen yang telah didapatkan. Dalam upacara Seren Taun tari Buyung merupakan salah satu kesenian yang biasa dibawakan.

Tari Buyung merupakan tarian khas Jawa Barat. Tarian ini diambil dari nama Buyung yaitu alat untuk mengambil air yang biasa digunakan oleh para wanita jika mereka ingin mengambil air di sungai. Tari Buyung mengisahkan tentang para gadis desa yang turun kesungai untuk mengambil air di Pancoran Ciereng dengan menggunakan buyung. Gerakan Pada tari Buyung ini banyak mengandung makna salah satunya seperti menginjak kendi sambil membawa Buyung di atas kepala gerakan tersebut memberi makna bahwa dalam kehidupan perlu adanya keseimbangan.

Tari Buyung biasanya ditampilkan di upacara Seren Taun. Seren Taun diartikan sebagai upacara penyerahan hasil panen. Acara ini dilakukan sebagai wujud syukur atas hasil panen yang sudah didapatkan.


Sumber :

Sosialink

Bebasterikat

Previous post

Singkong: Tanaman yang Punya Banyak Manfaat

Next post

Makanan Unik dan Menarik Khas Jawa Barat

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.