#KodeNusantaraBlog

Kopi Ala Yogyakarta “Joss”

Hey Sobat Budaya dimanapun kalian berada dari Sabang sampai Marauke. Tentu kalian pernah menyantap kopi kan? Dan pastinya ada pula yang mengkonsumsinya setiap hari. Kopi merupakan minuman yang berasal dari biji kopi yang disangrai lalu dihaluskan dan akan menjadi bubuk kopi. Jika kalian tinggal di Jogja pastinya kalian tidak asing dengan kopi Joss ini. Dengan seharga Rp 3.000 – Rp 5.000 kalian sudah bisa dapat menikmati kopi Joss ini dan menikmati suasana berlibur di Jogja. Tidak sulit menemukan kopi jos karena kopi ini banyak dijual di angkringan pinggir jalan Jogja pastinya.

Apa sih yang membuat Kopi Joss itu begitu istimewa? Ya, proses penyajiannya Kopi Joss itu sendiri.

Bahan kopi yang digunakan untuk membuat Kopi Joss adalah biji kopi tradisional pilihan terbaik yang didatangkan dari daerah Klaten Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan sekitarnya. Biji kopi kemudian diracik sendiri dengan cara disangrai, setelah disangrai  ditumbuk hingga halus dan kemudian dimasukkan kedalam tempat yang sudah disediakan. Cara tradisional tersebut dipercaya mampu mempertahankan rasa dan aroma biji kopi sejak proses pemetikan awal.

Cara memasak air yang digunakan untuk menyeduh Kopi Joss juga harus menggunakan ketel atau sejenis teko besar yang terbuat dari kaleng di atas tungku arang. Memasak menggunakan arang menghasilkan cita rasa yang berbeda daripada memasak menggunakan kompor gas.

Cara penyajian kopi joss, bubuk kopi dicampur dengan beberapa sendok kecil gula juga ditambahkan sedikit susu dan juga airnya. Kemudian inilah yang paling menarik, setelah kopi selesai diracik arang yang telah dibakar hingga merah menyala diambil dari wadah tungku dan dimasukkan ke dalam kopi. “Josssssssss”,  terdengar cukup jelas bunyi mati arang dalam gelas kopi. Entah seperti apa bunyi yang keluar sulit untuk ditirukan kira-kira seperti itu bunyinya. Hasil bebunyian mati arang tersebutlah konon yang digunakan dalam penamaan Kopi Joss.

 

Bagaimana sobat, tertarik kan dengan uniknya dari pembuatan hingga dihidangkannya Kopi Joss?

 

Sumber :

http://www.kompasiana.com/dedeariyanto/khasiat-di-balik-kopi-joss_55530fe06523bd2b0b16ff93

Previous post

Sewindu Hari Batik Nasional

Next post

Kecantikan Batik dari Indonesia Timur

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.