#KodeNusantaraBerita

Jajanan Kenyal Khas Bandung

Bandung merupakan kota metropolitan terbesar di Provinsi Jawa Barat, sekaligus menjadi ibukota provinsi tersebut. Kota ini terletak 140 km sebelah tenggara Jakarta, dan merupakan kota terbesar di wilayah Pulau Jawa bagian selatan. Selain memiliki julukan “Paris Van Java” serta memiliki berbagai destinasi tempat wisata yang Indah, Bandung juga memiliki varian kuliner yang terkenal unik dan nikmat. Kalau kalian mampir ke daerah Bandung, jangan lupa untuk mencicipi jajanan khas dari daerah tersebut. Penasaran dengan jajajan khas Bandung ini? Yuk kita simak ulasannya!

Cilok merupakan makanan khas dari Jawa Barat yang terbuat dari tepung tapioka. Cilok ini bertekstur kenyal dan biasa disajikan dengan bumbu kacang, saos, serta kecap sebagai pelengkapnya. Cilok bumbu kacang terkadang disebut “cilok jaman dulu” karena belakangan ini cilok dijual dengan bumbu penyedap, cabe bubuk, dan saos kecap. Untuk yang tidak terlalu suka pedas, pembeli tidak perlu lagi menambahkan saos karena bumbu kacang biasanya sudah agak pedas.

2. Cilung

Cilung merupakan jajanan khas Jawa Barat yang bertekstur kenyal sama seperti cilok. Bedanya dengan cilok adalah cilok berbentuk bulat, sedangkan cilung berbentuk gulungan memanjang. Cilung biasanya disajikan dengan bumbu halus seperti kelapa yang memiliki rasa original dan pedas. Cilung memiliki 2 pilihan, yang pertama cilung tanpa isi dan cilung dengan isian telur puyuh.

3. Cimol

Jajanan kenyal khas Bandung yang terakhir adalah cimol. Bentuknya sama bulat dengan cilok, perbedaannya terletak pada cara pembuatan serta penyajiannya. Apabila cilok dikukus dan disajikan dengan bumbu kacang, sedangkan cimol digoreng dan disajikan dengan bumbu penyedap dan bubuk cabe.

Nah itu dia jajanan khas Bandung yang bertekstur kenyal. Jajanan tersebut mudah sekali ditemukan di pelataran gerbang sekolah, pasar malam, atau di pinggir jalan. Jadi sobat budaya suka jajajan yang mana?

Sumber :

Wikipedia

Baca juga untuk resepnya :

Cilok

Cilung

Cimol

Previous post

Batik Papua, Bentuk Keanekaragaman Batik di Indonesia

Next post

5 Makanan Ini Membuat Kalian Berpikir Ratusan Kali untuk Mencobanya

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.