BeritaPiknik

5 Makanan Ini Membuat Kalian Berpikir Ratusan Kali untuk Mencobanya

Negara Indonesia adalah negara yang memiliki berbagai macam kuliner. Banyak kuliner Indonesia yang sudah diakui oleh dunia karena kenikmatannya. Setiap suku di Indonesia memiliki ciri khas masakannya tersendiri.

Tahukah kalian ada beberapa daerah yang menggunakan bahan makanan tidak biasa sehingga membuat kita terheran-heran dan berpikir ratusan bahkan ribuan kali untuk mencobanya. Meskipun menggunakan bahan yang tidak biasa makanan tersebut tetap menjadi primadona di daerah itu sendiri. Berikut ini 5 makanan yang terbilang ekstrim dan membuat kita merasa jijik untuk memakannya.

  1. Ulat Sagu

Ulat sagu merupakan makanan yang sangat disukai oleh masyarakat suku Kamoro di daerah Papua. Sesuai dengan namanya, ulat sagu biasanya dapat ditemukan di pohon sagu yang sudah mati tetapi dapat juga kita temukan di pohon kelapa yang sudah mati. Biasanya ulat sagu dimakan mentah-mentah, tapi bisa juga dibakar seperti sate. Konon ulat sagu ini memiliki banyak khasiat sebagai jamu dan obat kuat karena ternyata hewan ini mengandung vitamin yang tinggi.

2. Belalang Goreng

Jika biasanya belalang diburu para petani karena dianggap sebagai hama yang mengancam sawah mereka, di daerah Gunung Kidul Yogyakarta belalang dijadikan santapan yang gurih dan nikmat. Masyarakat Gunung Kidul mengolahnya dengan cara digoreng sampai kering. Saat ini belalang goreng telah menjadi makanan ringan khas dari daerah Gunung Kidul dan terdapat di toko oleh-oleh disana. Belalang goreng sekarang juga memiliki berbagai varian rasa seperti pedas, manis, dan original.

3. Paniki Santan

Paniki santan adalah masakan berkuah santan yang berasal dari daerah Sulawesi Utara. Paniki sendiri berarti daging kelelawar. Sebelum diolah menjadi masakan daging kelelawar terlebih dahulu di bakar untuk menghilangkan bulu-bulunya. Paniki santan biasanya dimasak dengan cabai yang banyak untuk menghilangkan aroma amis dari daging kelelawar itu sendiri. Selain diolah menjadi sayur santan kelelawar juga bisa digoreng dan dibakar menjadi sate.

4. Sate Biawak

Biawak adalah hewan yang biasa hidup di rawa-rawa. Hewan ini akan membuat kita merasa takut jika kita menemukannya karena rupanya yang seperti komodo. Namun di beberapa daerah di Indonesia biawak dijadikan sate. Sate biawak memiliki banyak khasiat untuk mengobati gatal-gatal pada kulit. Tidak seperti makanan aneh lainnya daging biawak memiliki banyak penggemar karena rasanya dan tampilannya yang seperti sate pada umumnya.

5. Rujak Cingur

Jika kita mendengar kata rujak pasti yang ada di pikiran kita adalah buah-buahan yang disajikan dengan cara dipotong dan diberi bumbu kacang yang pedas. Lalu apakah kalian tahu apa itu rujak cingur? Rujak cingur berbeda dengan rujak kebanyakan karena menggunakan bahan dasar ‘’cingur’’ yaitu hidung sapi. Memang terdengar sangat ekstrim tetapi jangan salah, rujak cingur menjadi makanan yang menjadi ciri khas Surabaya karena selain keunikannya rujak cingur juga terkenal akan kenikmatannya. Rujak cingur terdiri dari tahu, tempe, lontong, cingur, irisan beberapa buah seperti mentimun, manga muda, bengkoang, dan nanas. Bumbunya pun khas yaitu terbuat dari petis udang dan cingur. Paling nikmat jika ditemani dengan kerupuk.

Meskipun makanan ini terdengar aneh dan terlihat menjijikan bagi orang awam beberapa diantaranya memiliki khasiat yang baik bagi tubuh kita loh..

Nah.. bagaimana nih dengan kalian, apakah setelah mengetahui makanan-makanan ini kalian menjadi tertarik untuk mencobanya? Apa malah jadi mengurungkan niat?

Sumber:

Travelingyuk.com

Wikipedia.org


Ulat Sagu

Belalang Goreng

Paniki Santan

Sate Biawak

Rujak Cingur

Previous post

Jajanan Kenyal Khas Bandung

Next post

Beberapa Universitas di Luar Negeri Ini Punya Mata Kuliah Gamelan

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.