BeritaPiknik

12 Oktober, Memperingati Hari Museum Nasional

Pernahkah kalian pergi ke Museum? Jika pernah kapan terakhir kali kalian pergi kesana?

Saya yakin beberapa dari teman-teman pasti jarang dan bahkan tidak pernah berkunjung ke Museum. Kalaupun pernah pasti itu ketika kalian duduk di bangku sekolah. Jika kalian berpikir museum adalah tempat yang membosankan, kalian salah karena museum adalah salah satu tempat wisata yang mengasyikkan. Di museum kita dapat melihat berbagai peninggalan sejarah yang dapat kita pelajari sehingga akan menambah pengetahuan kita.

Indonesia salah satu negara yang memiliki banyak museum, sampai tahun 2014 sebanyak 365 Museum sudah terdaftar di Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman, Direektorat Jenderal Kebudayaan, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Maka dari itu, hal ini yang menjadikan sebanyak 250 pengelola museum di seluruh Indonesia berkumpul di Kota Malang, Jawa Timur untuk menggelar pertemuan guna mendeklarasikan Hari Nasional Museum Indonesia yang akan ditetapkan pada 12 Oktober. Dengan mengusung tema ‘’Membangun Kualitas dan Kemandirian Museum’’, pertemuan nasional tersebut berlangsung selama tiga hari di Kota Malang sejak 26 hingga 28 Mei 2015.

     

Tanggal ini ditetapkan berdasarkan atas Musyawarah Museum se-Indonesia (MMI) yang pertama diselenggarakan pada 12-14 Oktober 1962 di Yogyakarta. Pada saat itu pertemuan tersebut menghasilkan 10 resolusi penting bagi permuseuman. Pertemuan nasional ini juga dihadiri oleh Wakil Ketua Komisi X DPR, H Ridwan Hisjam, Dirjen Kebudayaan Kemendikbud, Kacung Marijan, Ketua Asosiasi Museum Indonesia (Amida), Putu Supatma dan Wakil Walikota Malang, Sutiaji.

Selain museum yang mengangkat tema tentang sejarah di Indonesia juga terdapat Museum-Museum unik seperti ;

1. Museum Angkut (Malang)

Di museum ini kita dapat belajar tentang sejarah transportasi. Beragam transportasi ada di sana mulai dari sepeda hingga pesawat terbang.

2. Museum Nyamuk (Pangandaran)

Museum ini memberikan kita pengetahuan tentang berbagai spesies nyamuk dari seluruh Indonesia. Di sini kita juga dapat mengetahui obat-obat alami apa saja yang kita gunakan untuk menangkal gigitan nyamuk.

3. Museum Tsunami Aceh (Aceh)

Museum yang merupakan hasil karya dari Walikota Bandung, Ridwan Kamil ini di buat untuk mengenang bencana alam Tsunami yang menimpa Aceh pada 2004 silam.

 

Masih banyak lagi museum-museum unik di Indonesia. Berdasarkan informasi yang di dapat dari Koran Kompas edisi Rabu 21 Januari 2015 Indonesia saat ini sudah memiliki 400 museum. Namun sangat disayangkan menurut Direktur Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Hilmar Farid dari 400 Museum yang ada hanya 15 persen yang masih berfungsi aktif. Hal ini terjadi karena berbagai persoalan yang muncul, misalnya tidak memiliki kurator sampai manajemen museum yang buruk. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan melakukan pameran atau pagelaran kebudayaan-kebudayaan Indonesia.

    

 

Dengan ditetapkannya Hari Museum Nasional seharusnya membuat kita untuk lebih perduli dan tertarik terhadap museum karena dengan berkunjung ke museum kita akan mendapatkan banyak hal positif dan pengetahuan. Mengunjungi museum juga sebagai bentuk menghargai dan tidak melupakan sejarah-sejarah bangsa kita sendiri. Bagi kalian yang mempertimbangkan soal biaya, jangan khawatir dengan harga tiket masuknya karena rata-rata museum di Indonesia tidak memerlukan biaya yang mahal.

Nah, maka dari itu mulai dari sekarang mari kita biasakan berkunjung ke Museum. Untuk kalian yang merasa anak kekinian museum juga dapat kalian gunakan sebagai tempat-tempat yang bagus untuk mengambil foto dan berbagi momen lalu kalian upload ke media sosial.


Sumber:

Kompas

Phinemo

Tempo

Baca Juga:

Museum

 

Previous post

Makanan Unik dan Menarik Khas Jawa Barat

Next post

Mendata Budaya untuk Ilmu Pengetahuan

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.