#KodeNusantaraBerita

Sensasi Pahit Kopi Berpadu Manis Durian

Siapa yang tidak kenal kopi?

Minuman nikmat yang asal mulanya dari Afrika ini sudah mendunia dan disukai banyak orang. Tiap negara punya ciri khas kopinya masing-masing, bahkan di Indonesia, hampir semua daerah punya tradisi ngopi tersendiri. Nah, di Lampung, Medan, dan Bengkulu, ada tradisi ngopi unik yaitu kopi durian. Dengan cara ini, cukup mencelupkan buah durian ke dalam kopi untuk mendapakan sensasi campuran pahitnya kopi dan selintas rasa manis dari durian. Belum lagi dengan lembutnya buah durian yang memberikan sensasi creamy saat menikmati minuman ini.

 

Kopi ini dapat disajikan dingin atau panas, namun disarankan panas agar aroma kopi lebih terasa. Jika kamu tidak suka dengan aroma durian yang menyengat, tenang saja. Aroma kopi dapat menetralisir aroma durian sehingga kamu dapat fokus menikmati sajian ini. Dipercaya bahwa perpaduan terbaik adalah kopi asal Lombok dan durian asal Medan. Kadar asam dari kopi akan bercampur baik dengan alkohol dari durian melalui perpaduan 2 jenis ini.

 

Kopi durian memiliki banyak gizi. Karena durian adalah buah yang kaya akan zat gizi dan nutrisi penting dalam jumlah yang tinggi melebihi buah yang lain, di antaranya vitamin B, vitamin C , zat besi, kalium, magnesium, fosfor, seng thiamin riblofavin, omega 3 dan 6. Selain itu Durian banyak juga mengandung zat antioksidan dan polyphenol yaitu memiliki kemampuan yang lebih tinggi daripada antioksidan yang berupa vitamin. Bahkan durian memiliki kedua jenis antioksidan ini baik vitamin C maupun non vitamin.

 

Kandungan vitamin C pada Durian sekitar 33 % ( 19,7 mg / 100 gr ) sedangkan mengkonsumsi makanan yang kaya vitamin C membantu tubuh mengembangkan resistensi terhadap agen infeksi dan radikal hebat berbahaya. Bila khasiat durian ini  dipadukan dengan anti oksidan yang terkandung di dalam kopi, mampu menangkal radikal bebas. Meminum kopi durian akan membuat tercegah penuaan dini.

 

Zat Organosulfur merupakan salah satu kandungan gizi penting pada buah durian, juga bermanfaat menurunkan sintesa kolesterol yang terjadi di sel hati sebagai anti radang, antioksidan, antimikroba (bakteri dan jamur) merupakan komponen insulin untuk meningkatkan serapan glukosa untuk menghasilkan energi, serta organosulfur bersama thiamin dan biotin yang membantu menjaga metabolisme gula dan efektif sebagai penstabil kadar gula darah.

 

 

 

Sumber:

www.coffindo.id

www.bintang.com


Lebih jauh tentang:

Kuliner

Kopi Durian

Previous post

Tarikan Khas Buih Nikmat Kopi Aceh

Next post

Kopi Talua

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.