Berita

Rampak Gendang ; Kesenian energik khas Jawa Barat

Rampak gendang merupakan kesenian yang berasal dari Jawa Barat. Sesuai dengan namanya, Rampak Gendang merupakan kesenian yang menggunakan gendang atau kendang sebagai media utamanya. Selain gendang, pertunjukan rampak gendang ini juga ditemani dengan berbagai macam alat musik seperti bonang, goong, rebab, kenong, demung, peking, saron I dan II, serta rincik. Rampak berasal dari bahasa sunda yang berarti serempak atau bersama-sama sehingga rampak gendang dapat dikatakan bermain gendang bersama-sama.

Rampak gendang dimainkan oleh lebih dari dua orang dan semua pemain menggunakan kostum yang sama. Mereka mengenakan pakaian tradisi sunda yaitu Takwa, sinjang dan udeng (ikat kepala). Tetapi untuk penabuh gendang, mereka mengenakan pakaian khusus yang berbeda yaitu terdapat motif sunda dengan warna menarik yang seragam. Pada saat pertunjukan dimulai, para pemain akan naik ke panggung dan menempati posisinya masing-masing sesuai dengan alat musik yang dimainkan. Begitu aba-aba dari salah satu pemain diberikan, alunan musik super energik akan langsung menghentak penonton. Selain musik nya yang energik, para pemain juga akan menggerakan kepala serta badan mereka bahkan ada pemain yang memainkan alat musik sambil berteriak agar suasana semakin bersemangat.

Belakangan ini pertunjukan rampak gendang dikolaborasikan dengan tari jaipong dan dipadukan dengan gamelan jawa. Sehingga musik yang ditampilkan terasa berbeda dari sebelumnya. Semakin berkembangnya zaman saat ini, kesenian rampak gendang semakin dikenal banyak orang. Tidak hanya warga lokal yang mempelajari kesenian ini, tetapi warga asing pun saat ini ingin memperlajari juga. Salah satu Universitas di Amerika, memiliki mata kuliah Kesenian dimana dosen yang mengajar adalah warga Indonesia dan salah satu materi yang dipelajari adalah kesenian rampak gendang.

Menurut masyarakat sunda, kesenian rampak gendang ini memiliki arti yang cukup bersejarah. Karena melalui seni rampak gendang ini dapat tercerminkan bahwa masyarakat sunda memiliki hubungan yang harmonis, akur, berlandas sikap gotong royong serta keceriaan karena bagi mereka yang menyaksikan kesenian rampak gendang ini, akan terhibur dan senang.

Oke itu dia penjelasan mengenai kesenian Rampak Gendang khas Jawa Barat. Sebagai warga negara Indonesia yang baik, jangan lupa untuk terus melestarikan kebudayaan Indonesia ya. Karena apa, kini sudah banyak warga asing yang penasaran dan terus mempelajari tentang kebudayaan yang ada di Indonesia. Kita harus bisa terus mempertahankan kebudayaan-kebudayaan yang ada, sehingga tidak terjadi lagi kasus kebudayaan Indonesia yang diklaim milik negara lain. Ayo jangan sampai lupa dengan keragaman budaya Indonesia ya.


Sumber :

Indonesia Kaya

UNPAD

Baca juga :

Rampak gendang

Jawa Barat

Previous post

Sejarah Kalender Jawa

Next post

Kode-Kode Nusantara pada Upacara Seren Taun Ciptagelar

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.