Berita

Omongan Budayo Seputar Tradisi Ngopi di Nusantara

Indonesia yang merupakan negara kepulauan memiliki ragam kuliner yang amat beragam. Mulai dari makanan pokok, serba serbi lauk pauk, jajanan hingga variasi minumannya. Kopi menjadi salah satu minuman yang banyak dijumpai di berbagai wilayah di Indonesia. Kopi yang identik dengan kepekatan warnanya yang hitam dan rasa yang pahit, tidak lagi monoton seperti itu di tangan-tangan masyarakat Nusantara.

Setelah meluncurkan peta kuliner nusantara yang merangkai kekerabatan 1.548 jenis kuliner nusantara pada 26 November 2016 lalu, data kuliner tersebut telah meningkat menjadi 3.028 ragam kuliner yang bisa kita nikmati secara visual dan pengetahuan. Dari 3.028 data kuliner ditemukan beragam tradisi ngopi yang unik dan menarik di beberapa wilayah di Nusantara.

Paling tidak telah ditemukan 9 tradisi ngopi yang menarik untuk diperbincangkan seperti kopi walik, kopi tarik, kopi sanger, kopi talua, kopi joss, kopi kawa daun, kopi santan, kopi tubruk dan kopi duren. Dalam rangka memperbincangkan dan menggali ragam kuliner khususnya variasi dan tradisi ngopi di Nusantara, Sobat Budaya menyelenggarakan sebuah diskusi santai bertajuk “Omongan Budayo: Tradisi-Tradisi Ngopi di Nusantara”.

9 Tradisi Ngopi Unik

Acara ini akan diselenggarakan pada hari Sabtu, 16 September 2017, Pukul 14.00-16.00 WIB bertempat di Sekretariat Sobat Budaya, Jl Tebet Barat Dalam IV No. 6, Jakarta Selatan. Diskusi ini mencoba menarik antusias dan perhatian anak-anak muda terhadap ragam kuliner dan budaya tradisi yang menjadi bagian dari peradaban di nusantara. Dalam sesi diskusi ini akan pula ditampilkan benang merah kebhinekaan Nusantara secara ilmiah yang telah teruji secara ilmiah dan tertulis di dalam buku #KodeNusantara.

Perbincangan-perbincangan tersebut akan dibawakan oleh Siti Wulandari selaku Ketua Umum Sobat Budaya, Geaffary Aji selaku Kadiv Public Relation Sobat Budaya dan dimoderatori oleh Afifah Amirotul selaku anggota divisi cultural content development Sobat Budaya.

Obrolan santai mengenai kekayaan, keragaman dan jejak-jejak ilmiah di balik budaya tradisi di Nusantara menjadi salah satu upaya yang dilakukan teman-teman Sobat Budaya untuk terus memperbincangkan dan menjaga kelestarian budaya tradisi yang dimiliki Indonesia.


Info lebih lanjut

Kopi

Previous post

Sejarah 4 Suku Kanibal Di Indonesia

Next post

Hari-hari penting dalam Kalender Tionghoa

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.